Meningkatkan Kemampuan Membaca Permulaan Menggunakan Media Kartu Bergambar Pada Anak Didik Kelompok A TK PGRI 04 Kalibatur Kec. Kalidawir Kabupaten Tulungagung Tahun Pelajaran 2014/2015


Author (Penulis)

LINA DWI CAHYANTI
Universitas Nusantara PGRI Kediri

Author Identity (NPM)

11.1.01.11.0323

Abstract

ABSTRAK LINA DWI CAHYANTI : Meningkatkan Kemampuan Membaca Permulaan Menggunakan Media Kartu Bergambar di Kelompok A TK PGRI 04 Kalibatur, Kalidawir, Tulungagung tahun pelajaran 2014/2015, Skipsi, PG PAUD, FKIP UNP Kediri, 2015. Kata Kunci : kemampuan membaca permulaan, media kartu bergambar Penelitian ini dilatarbelakangi hasil pengamatan dan pengalaman peneliti, bahwa kemampuan membaca permulaan di kelompok A TK PGRI 04 Kalibatur, Kalidawir, Tulungagung tahun pelajaran 2014/2015 masih rendah. Ini ditandai dengan ketidakmampuan anak dalam menghubungkan gambar dan kata. Selain itu, hasil penelitian pra-tindakan terhadap aktifitas siswa dari jumlah 20 anak baru 1 anak yang mendapatkan kriteria baik/mendapatkan bintang 4, 1 anak yang mendapatkan 3 bintang, 2 anak mendapatkan 2 bintang dan 16 anak yang mendapatkan 1 bintang. Sehingga tingkat ketuntasan anak pra-siklus sebesar 33,8% anak yang tuntas dan 66,2% yang belum tuntas’ Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah Apakah dengan menggunakan media kartu bergambar, kemampuan membaca permulaan anak di Kelompok A TK PGRI 04 Kalibatur, Kalidawir, Tulungagung tahun pelajaran 2014/2015 dapat meningkat?. tujuan umum dalam penelitian ini adalah (1) Mengumpulkan data tentang kemampuan membaca permulaan anak TK Kelompok A TK PGRI 04 Kalibatur, Kalidawir, Tulungagung tahun pelajaran 2014/2015 sebelum dilakukan tindakan. (2) Melakukan tindakan, yakni penerapan media kartu bergambar dalam proses pembelajaran sebagai upaya untuk meningkatkan kemampuan membaca permulaan di Kelompok A TK PGRI 04 Kalibatur, Kalidawir, Tulungagung tahun pelajaran 2014/2015. (3) Mengumpulkan data tentang kemampuan membaca permulaan anak TK Kelompok A TK PGRI 04 Kalibatur, Kalidawir, Tulungagung tahun pelajaran 2014/2015 setelah dilakukan tindakan. (4) Membandingkan data tentang kemampuan membaca permulaan sebelum dan setelah dilakukan tindakan. Dalam penelitian ini, pendekatan yang digunakan adalah pendekatan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan subjek penelitian anak kelompok A TK PGRI 04 Kalibatur, Kalidawir, Tulungagung tahun pelajaran 2014/2015. Penelitian dilaksanakan dalam 2 siklus, menggunakan instrument berupa RKM, RKH, lembar penilaian observasi kemampuan membaca permulaan anak dan lembar observasi guru..Hasil perhitungan kemampuan anak Pada pra-tindakan anak yang belum tuntas 66,2% sedangkan yang tuntas hanya 33,8%. Pada siklus I anak yang belum tuntas 65,8% dan yang tuntas 34,2%. Sedangkan pada siklus II anak yang belum tuntas hanya sebesar 13,1% dan yang tuntas 86,9%. Nilai ini menunjukkan bahwa kegiatan pembelajaran pada siklus II sudah tuntas dan sesuai dengan kriteria ketuntasan yang telah ditetapkan yakni minimal 75%, sehingga dapat disimpulkan bahwa pembelajaran dengan menggunakan media kartu bergambar mampu meningkatkan kemampuan membaca permulaan anak kelompok A TK PGRI 04 Kalibatur, Kalidawir, Tulungagung tahun pelajaran 2014/2015.

Keyword

a

Reference


PUBLISHED

2016-01-21

JOURNAL

Simki-Pedagogia

ISSN

2599-073X

ISSUE


Download PDF

Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat UN PGRI Kediri.

Jl. KH. Ahmad Dahlan 76 Mojoroto Kota Kediri

Designed by BootstrapMade
LPPM Server - Powered by BSI