Meningkatkan Kemampuan Berbicara Melalui Metode Bercerita Gambar Seri Pada Anak Kelompok A TK Aisyiyah Kauman Tulungagung Tahun Pelajaran 2014-2015
Author (Penulis)
FUADATI
Universitas Nusantara PGRI Kediri
Author Identity (NPM)
11.1.01.11.0322
Abstract
ABSTRAK
FUADATI : Meningkatkan Kemampuan Berbicara melalui Metode Bercerita Cam bar Sen pada Anak Kelompok A TK Aisyiyah Kauman Tulungagung, Skripsi, PG - PAUD FKIP UNP Kediri 2015
Kata Kunci: berbicara, media gambar seri
Penelitian ini dilatar belakangi hasil pengatnatan dan pengalaman peneliti, bahwa pembelajaran di TK masih didominasi oleh aktivitas klasikal dengan dominasi pada peran guru. Akibatnya suasana kelas monoton, pasif dan membosankan cara belajar yang tepat pada anak usia dini adalah melalui bermain.
Permasalah penelitian ini adalah (1) Apakah pembelajaran dengan menggunakan media gambar seri dapat meningkatkan kemampuan berbicara pada anak didik ? (2) Bagaimanakah metode gambar seri mampu meningkatkan kemampuan berbicara pada anak didik ?
Penelitian ini menggunakan pendekatan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan subjek penelitian anak Kelompok A TK Aisyiyah Kauman Tulungagung. Penelitian dilaksanakan dalam tiga siklus, menggunakan instrument berupa RKM - RKH, alat penilaian perkembangan anak, lembar observasi anak dan lembar observasi guru.
Kesimpulan hasil penelitian ini adalah (1) melalui tiga siklus tindakan pembelaajran telah ditemukan langkah-langkah yang efektif. Tindakan mengurutkan dan menceritakan gambar seri ini sebagai media, pengembangan kemampuan berbicara bagi anak usia dini kelompok A (2) melalui tiga siklus tindakan pembelajaran dapat dibuktikan bahwa tindakan mengurutkan dan menceritakan gambar seri terbukti berhasit dan efektif sebagai media pengembangan kemampuan berbicara anak usia dini kelompok A.
Implikasi praktis hasil penelitian ini adalah bahwa tujuan pendidikan satuan pendidikan TK teiah dtutamakan pada kemampuan dasar pembiasaan, bahasa, kognitif dan fisik motorik. Untuk membentuk kemampuan dasar itu diperlukan beberapa syarat diantaranya adalah penciptaan lingkungan belajar dan model pembelajaran yang menyenangkan. Penggunaan bercerita gambar seri terbukti dapat memenuhi tujuan tersebut Maka guru-guru TK dapat menggunakannya dalam pembelajaran, dalam meningkatkan penguasaan kemampuan dasar anak, khususnya dalam kemampuan berbicara anak.