MENGEMBANGKAN KEMAMPUAN KOGNITIF DALAM MENGELOMPOKKAN BENTUK GEOMETRI DENGAN MEDIA BALOK PADA ANAK KELOMPOK A DI TK DHARMA WANITA MINGGIRAN – PAPAR


Author (Penulis)

SUPARMI
Universitas Nusantara PGRI Kediri

Author Identity (NPM)

11.1.01.11.0318

Abstract

Kemampuan yang optimal adalah tujuan dari semua usaha pendidikan. Salah satu kemampuan yang dibutuhkan untuk mencapai kesuksesan di masa depan adalah kemampuan kognitif. Kemmapuan kognitif yang baik nantinya akan menjadi jembatan bagi tersalurkannya kecerdasan intelegensi yang telah dibangun sehingga dapat bermanfaat secara baik dan benar. Metode yang digunakan dalam memperoleh data adalah metode observasi yang dilakukan pada anak didik dengan menggunakan lembar observasi sebagai instrumen penilaian yang diisi oleh guru sebagai peneliti dan dilakukan selama 3 siklus , masing-masing siklus sekali pertemuan yang dimulai pada bulan januari 2015 sampai Februari 2015. Berdasarkan hasil pengamatan pada siklus I menunjukkan bahwa pemahaman anak dalam mengelompokkan bentuk geometri dengan media balok sebesar 46.25% mencapai ketercapaian, sedangkan sisanya 53,75 % belum tuntas. Pada siklus II pemahaman anak mencapai 61.25 % dan belum ketercapaian 38.75%. sedangkan pada siklus III diperoleh ketercapaian 85 % dan tidak ketercapaian 15 %. Dari data tersebut menunjukkan bahwa terjadi peningkatan dari setiap siklus, maka anak dapat menerima dengan baik media yang digunakan dalam pembelajaran. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa media balok geometri dapat mengembangkan kemampuan kognitif dalam mengelompokkan bentuk geometri pada anak kelompok A TK Dharma Wanita Minggiran Kecamatan Papar dinyatakan berhasil.

Keyword

a

Reference


PUBLISHED

2016-01-09

JOURNAL

Simki-Pedagogia

ISSN

2599-073X

ISSUE


Download PDF

Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat UN PGRI Kediri.

Jl. KH. Ahmad Dahlan 76 Mojoroto Kota Kediri

Designed by BootstrapMade
LPPM Server - Powered by BSI