MENINGKATKAN KEMAMPUAN KOGNITIF DALAM MENGENAL HASILPENJUMLAHAN 1-10 MENGGUNAKAN METODE BERMAIN KARTU PADA ANAK KELOMPOK B TK DHARMA WANITA PAPAR KECAMATAN PAPAR TAHUN PELAJARAN 2014/2015


Author (Penulis)

ORBIYANTI JARIYATUN
Universitas Nusantara PGRI Kediri

Author Identity (NPM)

11.1.01.11.0314

Abstract

Meningkatkan kemampuan kognitif dalam mengenal hasil penjumlahan 1-10 menggunakan metode bermain kartu pada kelompok B TK Dharma Wanita Papar Papar. Skripsi Fakultas Ilmu Pendidikan Prodi S1 PG PAUD, Universitas Nusantara PGRI Kediri. Penelitian ini dilatar belakang hasil pengamatan dan pengalaman peneliti, bahwa kemampuan kognitif dalam mengenal hasil penjumlahan 1-10, beberapa anak di kelompok B TK Dharma Wanita Papar Desa Papar Kecamatan Papar Kabupaten Kediri masih kurang. Penelitian ini secara umum bertujuan untuk meningkatkan kemampuan kognitif dalam mengenal hasil penjumlahan 1-10, secara khusus mengetahui seberapa besar peningkatan anak dalam mengenal hasil penjumlahan 1-10 melalui metode bermain kartu.. Rumusan masalah pada penelitian adalah: Apakah melalui metode bermain kartu dapat meningkatkan kemampuan kognitif dalam mengenal hasil penjumlahan 1-10 pada anak kelompok B TK Dharma Wanita Papar Kecamatan Papar Kabupaten Kediri tahun pelajaran 2014/2015 ? Penelitian ini menggunakan penelitian tindakan kelas (PTK) dengan subyek penelitian anak kelompok B TK Dharma Wanita Papar Kecamatan Papar Kabupaten Kediri tahun pelajaran 2014/2015. Yang berjumlah 17 anak didik terdiri dari 8 anak laki-laki dan 9 anak perempuan penelitian ini dilakukan selama 3 siklus dengan prosedur umum meliputi tahapan 1)perencanaan, 2)pelaksanaan, 3)Pengamatan, 4)Refleksi. Data penelitian ini adalah data perkembangan dalam mengenal angka , instrumen yang digunakan adalah pedoman observasi yang mengacu pada indikator yang ditetapkan dan teknik, analisis data yang digunakan adalah kualitatif dengan mengolah data yang terkumpul melalui observasi. Hasil dari penelitian ini adalah: ketepatan, keaktifan dan kemandirian anak dalam mengikuti kegiatan bermain kartu dari siklus I, II dan siklus III mengalami peningkatan dari 45,5%,46 %, 75 %. Berdasarkan hasil analisis data pembahasan hasil penelitian, maka dapat disimpulkan bahwa, melalui metode bermain kartu dapat meingkatkan kemampuan kognitif dalam mengenal hasil penjumlahan 1-10 di TK Dharma Wanita Papar, Kecamatan Papar Kabupaten Kediri. Untuk selanjutnya disarankan kepada guru Taman kanak-kanak hendaknya didalam kegiatan pembelajaran menggunakan metode yang menarik seperti metode bermain untuk meningkatkan kemampuan kognitif, juga kemampuan yang lainnya seperti: Bahasa, fisik motorik, sosial emosional dan nilai-nilai moral keagamaan.

Keyword

a

Reference


PUBLISHED

2016-01-08

JOURNAL

Simki-Pedagogia

ISSN

2599-073X

ISSUE


Download PDF

Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat UN PGRI Kediri.

Jl. KH. Ahmad Dahlan 76 Mojoroto Kota Kediri

Designed by BootstrapMade
LPPM Server - Powered by BSI