MENGEMBANGKAN KEMANDIRIAN MELALUI KEGIATAN PEMBIASAAN RUTIN DAN TERPROGRAM PADA ANAK USIA 3-4 TAHUN DI PAUD BINA HARAPAN DESA KARANGREJO KECAMATAN KARANGREJO KABUPATEN TULUNGAGUNG


Author (Penulis)

NUR SRI WAHYUNI
Universitas Nusantara PGRI Kediri

Author Identity (NPM)

11.1.01.11.0313

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi hasil pengamatan peneliti, berdasarkan hasil pengamatan awal yang dilakukan peneliti diketahui bahwa kemandirian anak usia 3-4 tahun PAUD Bina Harapan Desa Karangrejo Kecamatan Karangrejo Kabupaten Tulungagung masih belum berkembang dengan baik. Untuk itu, peneliti termotivasi untuk melakukan perbaikan melalui kegiatan pembiasaan rutin dan terprogram sebagai upaya mengembangkan kemandirian anak. Subyek dalam penelitian ini adalah anak didik usia 3-4 tahun PAUD Bina Harapan Desa Karangrejo Kecamatan Karangrejo Kabupaten Tulungagung yang berjumlah 12 anak didik. Penelitian ini dilaksanakan dalam tiga siklus yang masing-masing siklus terdiri dari empat tahapan yaitu perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, refleksi. Adapun metode pengumpulan data menggunakan teknik unjuk kerja. Hasil dari penelitian yang telah dilakukan, dapat diketahui bahwa pada tindakan siklus I prosentase ketuntasan belajar anak masih mencapai 58%, kemudian pada tindakan siklus II ketuntasan belajar anak meningkat menjadi 66%, dan pada tindakan siklus III prosentase ketuntasan belajar anak meningkat mencapai 83%.. Berdasarkan hasil penelitian yang didapat, dapat disimpulkan bahwa melalui kegiatan pembiasaan rutin dan terprogram dapat mengembangkan kemandirian pada anak usia 3-4 tahun PAUD Bina Harapan Desa Karangrejo Kecamatan Karangrejo Kabupaten Tulungagung.

Keyword

a

Reference


PUBLISHED

2015-12-29

JOURNAL

Simki-Pedagogia

ISSN

2599-073X

ISSUE


Download PDF

Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat UN PGRI Kediri.

Jl. KH. Ahmad Dahlan 76 Mojoroto Kota Kediri

Designed by BootstrapMade
LPPM Server - Powered by BSI