UPAYA MENINGKATKAN KEMAMPUAN MEMBILANG MELALUI BERMAIN DENGAN LAPTOP SI UNYIL PADA ANAK KELOMPOK A TK. ‘AISYIYAH PAPAR


Author (Penulis)

ARDHANINGGAR TYAS UTAMI
Universitas Nusantara PGRI Kediri

Author Identity (NPM)

11.1.01.11.0309

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi hasil pengamatan dan pengalaman peneliti, bahwa kegiatan bermain TK ini masih di dominasi pada peran orang tua anak. Sehingga anak kurang mandiri. Hal tersebut nampak dari hasil perkembangan kemampuan membilang anak. Permasalahan penelitian ini adalah apakah penerapan kegiatan bermain dalam pembelajaran dapat meningkatkan kemampuan membilang pada anak Kelompok A TK ‘Aisyiyah Papar Kec. Papar Kab. Kediri Tahun Ajaran 2014/2015 ? Penelitian ini menggunakan pendekatan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan subyek penelitian anak Kelompok A TK ‘Aisyiyah Papar Kecamatan Papar Kabupaten Kediri Tahun Ajaran 2014/2015. penelitian dilaksanakan dalam dua siklus, menggunakan instrument berupa RKM, RKH, pedoman penilaian anak dan lembar observasi guru. Kesimpulan penelitian ini adalah terdapat peningkatan kemampuan anak dalam membilang melalui kegiatan bermain lapotop si Unyil. Perbedaan yang timbul dengan diberlakukannya teknik pendekatan pembelajaran terletak pada keaktifan anak dalam pembelajaran serta perolehan hasil belajar anak setelah diberlakukannya strategi pembelajaran.

Keyword

a

Reference


PUBLISHED

2016-01-09

JOURNAL

Simki-Pedagogia

ISSN

2599-073X

ISSUE


Download PDF

Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat UN PGRI Kediri.

Jl. KH. Ahmad Dahlan 76 Mojoroto Kota Kediri

Designed by BootstrapMade
LPPM Server - Powered by BSI