UPAYA MENINGKATKAN KEMAMPUAN MEMBILANG MELALUI BERMAIN DENGAN LAPTOP SI UNYIL PADA ANAK KELOMPOK A TK. ‘AISYIYAH PAPAR
Author (Penulis)
ARDHANINGGAR TYAS UTAMI
Universitas Nusantara PGRI Kediri
Author Identity (NPM)
11.1.01.11.0309
Abstract
Penelitian ini dilatar belakangi hasil pengamatan dan pengalaman peneliti, bahwa kegiatan bermain TK ini masih di dominasi pada peran orang tua anak. Sehingga anak kurang mandiri. Hal tersebut nampak dari hasil perkembangan kemampuan membilang anak.
Permasalahan penelitian ini adalah apakah penerapan kegiatan bermain dalam pembelajaran dapat meningkatkan kemampuan membilang pada anak Kelompok A TK ‘Aisyiyah Papar Kec. Papar Kab. Kediri Tahun Ajaran 2014/2015 ?
Penelitian ini menggunakan pendekatan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan subyek penelitian anak Kelompok A TK ‘Aisyiyah Papar Kecamatan Papar Kabupaten Kediri Tahun Ajaran 2014/2015. penelitian dilaksanakan dalam dua siklus, menggunakan instrument berupa RKM, RKH, pedoman penilaian anak dan lembar observasi guru.
Kesimpulan penelitian ini adalah terdapat peningkatan kemampuan anak dalam membilang melalui kegiatan bermain lapotop si Unyil. Perbedaan yang timbul dengan diberlakukannya teknik pendekatan pembelajaran terletak pada keaktifan anak dalam pembelajaran serta perolehan hasil belajar anak setelah diberlakukannya strategi pembelajaran.