MENINGKATKAN KEMAMPUAN PERMULAAN MEMBACA DENGAN MENGGUNAKAN MEDIA MENARA PUTAR PADA ANAK KELOMPOK B TK AL HIKMAH BANGSONGAN KECAMATAN KAYEN KIDUL KABUPATEN KEDIRI
Author (Penulis)
ANIQ HABBIYATI
Universitas Nusantara PGRI Kediri
Author Identity (NPM)
11.1.01.11.0302
Abstract
Kemampuan permulaan membaca merupakan salah satu modal utama bagi anak untuk mempelajari ilmu, mengkomunikasikan gagasan, dan dapat mengekspresikan dirimya. Untuk itu kemampuan permulaan membaca anak perlu di tingkatkan secara maksimal. Sebab bila anak mengalami kegagalan dalam penguasaan membaca maka akan mengakibatkan masalah ke jenjang yang lebih tinggi. Namun kurangnya media yang menarik sehingga anak tidak memahami materi yang disampaikan dan tidak adanya dukungan dari orang tua untuk merangsang minat baca anak. Hal ini nampak kemauan membaca relatif rendah, maka hasil belajar juga rendah.
Permasalahan penelitian ini adalah “Apakah menggunakan media menara putar dapat meningkatkan kemampuan permulaan membaca pada anak Kelompok B TK Al Hikmah Bangsongan Kecamatan Kayen Kidul Kabupaten Kediri ?
Penelitian ini menggunakan penelitian tindakan kelas (PTK) dengan subjek penelitian anak kelompok B TK Al Hikmah Bangsongan Kecamatan Kayen Kidul Kabupaten Kediri dan dilaksanakan dalam 3 siklus. Tujuan utama dari penelitian ini adalah untuk meningkatkan kemampuan permulaan membaca menggunakan media menara putar.
Dari hasil pengamatan dan analisis serta perbaikan pembelajaran diketahui bahwa kemampuan membaca anak meningkat, hal ini tampak pada jumlah anak yang mencapai ketuntasan pada siklus I 53%, siklus II menjadi 73% dan pada siklus III meningkat menjadi 93%, sehingga hipotesis tindakan dalam penelitian ini dapat diterima.
Kesimpulan dari penelitian ini adalah menggunakan media menara putar dapat meningkatkan kemampuan permulaan membaca anak kelompok B TK Al Hikmah Bangsongan Kecamatan Kayen Kidul Kabupaten Kediri.