MENINGKATKAN KEMAMPUAN MEMBACA PERMULAAN ANAK USIA DINI MENGGUNAKAN MEDIA STIKER ALFABET KELOMPOK B TAMAN KANAK-KANAK BAPANGAN PUTRA DESA SIDOMULYO KECAMATAN NGADIROJO TAHUN AJARAN 2014/2015
Author (Penulis)
YUNITA KURNIASARI
Universitas Nusantara PGRI Kediri
Author Identity (NPM)
11.1.01.11.0280
Abstract
Penelitian ini dilatar belakangi hasil pengamatan bahwa aktivitas pembelajaran di TK masih terlihat dari kegiatan pembelajaran membaca masih rendah yang disebabkan oleh kurangnya penggunaan media yang kurang variatif, monoton, dan anak kurang antusias dalam mengikuti pembelajaran membaca. Permasalahan peneliti ini adalah Apakah Media Stiker Alfabet dapat Meningkatkan Kemampuan Membaca Permulaan pada Kelompok B di Taman Kanak-kanak Bapangan Putra Desa Sidomulyo. Penelitian ini menggunakan pendekatan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan subyek penelitian anak usia dini Taman Kanak-kanak Bapangan Putra. Penelitian dilaksanakan dalam tiga siklus, menggunakan instrumen berupa RKH, RKM, Rencana pembelajaran, membuat lembar unjuk kerja, lembar evaluasi.Kesimpulan hasil penelitian ini adalah (1) Melalui siklus tindakan pembelajaran dapat ditemukan langkah-langkah yang efektif penerapan pembelajaran membaca permulaan menggunakan media stiker alfabet untuk meningkatkan kemampuan membaca. (2) Melalui siklus tindakan pembelajaran membaca terbukti dapat meningkatkan kemampuan membaca. Berdasarkan simpulan hasil penelitian ini, direkomendasikan: (1) tujuan pokok penggunaan pembelajaran menggunakan media stiker alfabet adalah untuk meningkatkan kemampuan membaca permulaan. Oleh sebab itu guru sebagai pelaksana pembelajaran harus mengutamakan proses yang medukung terciptanya pembelajaran yang menarik. (2) Guru masih perlu penelitian terus menerus, untuk membuktikan apakah pembelajaran membaca menngunakan media stiker alfabet dapat meningkatkan kemampuan membaca permulaan untuk anak usia dini.