MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERBAHASA MELALUI PENGENALAN MEMBACA BUKU CERITA BERGAMBAR ANAK USIA DINI KELOMPOK B PAUD PLUS AZ-ZALFA KECAMATAN PACITAN TAHUN PELAJARAN 2014 / 2015
Author (Penulis)
WELLY NANDA CAHYANI PUTRI
Universitas Nusantara PGRI Kediri
Author Identity (NPM)
11.1.01.11.0278
Abstract
Penelitian ini dilatar belakangi hasil pengamatan dan pengalaman peneliti, bahwa di kelompok B Paud Plus Az-Zalfa masih ditemukan adanya masalah yaitu anak-anak kelompok B masih sulit untuk membaca kata-kata sederhana dan kurangnya minat membaca. Penyebab masalah tersebut adalah karena media yang digunakan guru kurang bervariasi dan tidak sesuai dengan tingkat perkembangan anak. Permasalahan penelitian ini adalah (1) Apakah dengan pengenalan membaca buku cerita bergambar dapat meningkatkan kemampuan berbahasa anak usia dini kelompok B Paud Plus Az-Zalfa Kecamatan Pacitan Tahun Pelajaran 2014 / 2015. (2) Bagaimana pengenalan membaca buku cerita bergambar dapat meningkatkan kemampuan berbahasa anak usia dini kelompok B Paud Plus Az-Zalfa Kecamatan Pacitan Tahun Pelajaran 2014 / 2015. Penelitian ini menggunakan pendekatan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan subyek penelitian siswa kelompok B Paud Plus Az-Zalfa. Penelitian dilakukan dalam dua siklus, menggunakan instrumen lembar observasi aktivitas siswa. Kesimpulan hasil penelitian ini adalah (1) Melalui siklus tindakan kemampuan membaca dapat ditemukan langkah-langkah yang efektif dalam meningkatkan kemampuan berbahasa melalui pengenalan membaca buku cerita bergambar anak usia dini kelompok B. (2) Prosentase ketuntasan belajar dari Pra tindakan, siklus I RKH I sampai siklus II RKH II membawa hasil yang signifikan, karena pada tindakan siklus II ketuntasan belajar mencapai 79,37 %. (3) Melalui pengenalan membaca buku cerita bergambar terbukti dapat meningkatkan kemampuan berbahasa anak usia dini kelompok B Paud Plus Az-Zalfa.