MENINGKATKAN KEMAMPUAN MEMBACA PERMULAANMELALUI PENERAPAN MEDIA KARTU KATA DAN KARTU HURUF PADA ANAK KELOMPOK B BUSTANUL ATHFAL KETRO II KECAMATAN KEBONAGUNG KABUPATEN PACITAN TAHUN PELAJARAN 2014/2015


Author (Penulis)

PUJI SRI LESTARI
Universitas Nusantara PGRI Kediri

Author Identity (NPM)

11.1.01.11.0271

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi oleh hasil observasi dan penelitian yang dilakukan kepada anak Kelompok B di Bustanul Athfal ketro II Kecamatan Kebonagung Kabupaten Pacitan Tahun Pelajaran 2014/2015, yaitu kebanyakan Sekolah Dasar di era sekarang ini menuntut anak-anak tamat dari Taman Kanak-kanak dapat membaca lancar, sedangkan pembelajaran membaca di Taman Kanak-kanak masih menggunakan media buku-buku bacaan dan strategi pembelajarannya belum menerapkan unsur bermain. Akibatnya suasana ini membuat anak bosan, bertambah ramai dan tidak dapat berfikir kreatif. Pada akhirnya hasil belajar anak rendah. Permasalahan yang diangkat dalam penelitian ini adalah Apakah kemampuan membaca permulaan dapat ditingkatkan melalui penggunaan media Kartu Kata dan Kartu Huruf pada anak Kelompok B Bustanul Athfal ketro IIKecamatan Kebonagung Kabupaten Pacitan Tahun Pelajaran 2014/2015? Penelitian ini menggunakan pendekatan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan subyek penelitian anak Kelompok B Bustanul Athfal ketro II Kecamatan Kebonagung Kabupaten pacitan. Penelitian dilaksanakan dalam tiga siklus dan setiap siklusnya terdapat dua tahap, menggunakan instruemen berupa RKM, RKH, Instrumen Penilaian Observasi dan Instrumen Penilaian Unjuk kerja. Kesimpulan hasil penelitian ini adalah (1) Melalui siklus tindakan pembelajaran dapat ditemukan langkah-langkah pembelajaran secara tepat dan efektif dalam penggunaan media kartu kata dan kartu huruf. (2) Melalui penerapan media kartu kata dan kartu huruf terbukti dapat meningkatkan kemampuan membaca permulaan anak. Menunjukkan keberhasilan dalam penerapan media kartu kata dan kartu huruf, diketahui bahwa ketuntasan belajar sebelum dilakukan tindakan hanya 35,72%. Setelah dilakukan tindakan Siklus I naik 42,86%, Siklus II naik 78,57%, Siklus III naik menjadi 92,86%. Berdasarkan kesimpulan hasil penelitian ini, direkomendasikan bahwa (1) Tujuan utama dari penerapan media kartu kata dan kartu huruf adalah untuk meningkatkan kemampuan membaca permulaan anak. Oleh sebab itu strategi pembelajaran yang diterapkan oleh guru harus disesuaikan dengan kondisi anak-anak TK, yaitu dengan memasukkan unsur bermain. (2) Bagi Kepala Sekolah yang menghadapi permasalahan yang sama, maka dapat menyediakan media kartu kata dan kartu huruf, sehingga wawasan guru menjadi bertambah.

Keyword

a

Reference


PUBLISHED

2016-01-05

JOURNAL

Simki-Pedagogia

ISSN

2599-073X

ISSUE


Download PDF

Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat UN PGRI Kediri.

Jl. KH. Ahmad Dahlan 76 Mojoroto Kota Kediri

Designed by BootstrapMade
LPPM Server - Powered by BSI