MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERHITUNG PADA ANAK USIA DINI MELALUI PERMAINAN ULAR TANGGA DI TK DHARMA WANITA I DERSONO TAHUN AKADEMIK 2014/2015
Author (Penulis)
NOKA PULUNG WIJAYANTI
Universitas Nusantara PGRI Kediri
Author Identity (NPM)
11.1.01.11.0268
Abstract
Berdasarkan pengamatan yang dilakukan peneliti di TK Dharma Wanita I Dersono teridentifikasi beberapa masalah dalam pembelajaran, antara lain: Rendahnya kemampuan anak dalam berhitung. Rendahnya perkembangan kemampuan mengenal angka. Strategi mengajar guru terasa membosankan bagi anak sehingga anak cenderung rame, tidak mengikuti bimbingan guru dan berlarian di dalam kelas. Kurangnya media bermain untuk mengenal permainan baru yang memadai dalam meningkatkan kemampuan anak. Permasalahan penelitian ini adalah. (1) Bagaimana kemampuan berhitung anak kelompok B Taman Kanak-Kanak (2) Apakah penggunaan metode permainan ular tangga dapat meningkatkan kemampuan mengenal angka pada anak didik kelompok B Taman Kanak-kanak. Penelitian ini menggunakan pendekatan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan subyek penelitian anak didik kelompok B Taman Kanak-Kanak Dharma Wanita I Dersono. Penelitian dilaksanakan dalam dua siklus, yang diawali dengan perencanaan awal, kegiatan atau pengamatan, refleksi, rencana yang direvisi. Kesimpulan hasil penelitian ini adalah (1) Mengetahui kemampuan berhitung anak kelompok B Taman Kanak-Kanak. (2) melalui siklus tindakan penggunaan metode permainan ular tangga dapat meningkatkan kemampuan mengenal angka pada anak didik kelompok B taman Kanak-Kanak. Berdasarkan simpulan hasil penelitian ini, direkomendasikan: (1) Tujuan metode permainan ular tangga dapat meningkatkan kemampuan mengenal angka pada anak didik kelompok B Taman Kanak-kanak. (2) Guru harus diharapkan untuk lebih meningkatkan sarana dan prasarana berupa penyediaan media pembelajaran agar dapat meningkatkan semangat anak untuk mengikuti pembelajaran selanjutnya.