MENINGKATKAN KEMAMPUAN BAHASA DALAM MENGENAL HURUF ABJAD MELALUI METODE PERMAINAN KUPON BERGAMBAR PADA ANAK KELOMPOK B TK SINAR REMAJA DESA WATUKARUNG PRINGKUKU PACITAN TAHUN PELAJARAN 2014/2015
Author (Penulis)
NILA VIVIANA
Universitas Nusantara PGRI Kediri
Author Identity (NPM)
11.1.01.11.0267
Abstract
Kupon bergambar merupakan mainan edukasi untuk melatih mengenal huruf abjad pada anak-anak melalui media permainan edukatif. Media ini adalah alat permainan edukasi untuk kelompok pendidikan anak usia dini seperti Taman Kanak-kanak (TK) dan Kelompok Bermain (KB). Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah, (1) Apakah penggunaan metode permainan kupon bergambar dapat meningkatkan kemampuan mengenal huruf abjad pada anak didik kelompok B TK Sinar Remaja Desa Watukarung Pringkuku Pacitan tahun pelajaran 2014/2015?; dan (2) Apakah penggunaan metode permainan kupon bergambar dapat menjadi acuan guru untuk membuat anak senang mengikuti proses pembelajaran dalam mengenal huruf abjad pada anak kelompok B TK Sinar Remaja Desa Watukarung Pringkuku Pacitan tahun pelajaran 2014/2015?. Rancangan penelitian yang dipakai adalah PTK. Lokasi penelitian ini di kelompok B TK Sinar Remaja Desa Watukarung Pringkuku Pacitan tahun pelajaran 2014/2015 berjumlah 15 anak. Simpulan dari penelitian bahwa, (1) penggunaan metode kupon bergambar dapat meningkatkan kemampuan mengenal huruf abjad pada anak didik kelompok B TK Sinar Remaja Desa Watukarung Pringkuku Pacitan tahun pelajaran 2014/2015; dan (2) penggunaan metode permainan kupon bergambar dapat menjadi acuan guru dalam mengenal huruf abjad pada anak kelompok B TK Sinar Remaja Desa Watukarung Pringkuku Pacitan tahun pelajaran 2014/2015. Saran-saran sebagai langkah tindak lanjut, yaitu: (1) Bagi guru diharapkan untuk berperan aktif dalam meningkatkan pengetahuan dan kompetensi mengajarnya; dan (2) Bagi pihak sekolah diharapkan untuk lebih meningkatkan sarana dan prasarana.