MENINGKATKAN PEMAHAMAN KONSEP OPERASI HITUNG MELALUI METODE PEMBELAJARAN CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING PADA ANAK USIA DINI RA AL-AZHAR SUDIMORO TAHUN AJARAN 2014/2015
Author (Penulis)
LAILATUL MUNAWAROH
Universitas Nusantara PGRI Kediri
Author Identity (NPM)
11.1.01.11.0265
Abstract
Penelitian ini dilatar belakangi hasil penelitian dan pengalaman peneliti di RA Al-Azhar tahun pelajaran 2014/2015, bahwa terdapat kesulitan anak dalam memahami konsep operasi hitung serta kesulitan anak dalam membuat hubungan apa yang mereka pelajari dan bagaimana pengetahuan tersebut akan diaplikasikanya. Hal itu di karenakan penggunaan model pembelajaran yang masih tradisional. Permasalahan penelitian ini adalah: (1) Bagaimana penerapan model pembelajaran contextual teaching and learning dalam meningkatkan pemahaman konsep operasi hitung anak usia dini di RA Al-Azhar? (2) Apakah model pembelajaran contextual teaching and learning dapat meningkatkan pemahaman konsep operasi hitung anak di RA Al-Azhar Sudimoro? Penelitian ini menggunakan pendekatan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan subyek penelitian anak RA Al-Azhar Kecamatan Sudimoro Kabupaten pacitan. Penelitian dilaksanakan dalam dua siklus dan setiap siklusnya terdapat dua tahap, menggunakan instrumen berupa RKM, RKH, Instrumen Penilaian Observasi dan Instrumen Penilaian Unjuk kerja. Berdasarkan kesimpulan hasil penelitian ini, direkomendasikan bahwa Tujuan dari penerapan metode pembelajaran contextual teaching and learning adalah: (1) untuk mengetahuai penerapan metode pembelajaran contextual teaching and learning dalam meningkatkan pemahaman konsep operasi hitung anak RA Al-Azhar Sudimoro. (2) Untuk mengetahui tingkat pemahaman konsep operasi hitung anak melalui metode pembelajaran contextual teaching and learning di RA Al-Azhar Sudimoro. Dari hasil pengamatan dan analisis dapat diketahui bahwa terjadi peningkatan prestasi belajar meningkatkan pemahaman konsep operasi hitung anak setelah di terapkan model pembelajaran CTL. Simpulan penelitian ini adalah: penerapan model pembelajaran contextual teaching and learning dapat meningkatkan pemahaman konsep operasi hitung anak di RA Al-Azhar Kecamatan Sudimoro Tahun Pelajaran 2014/2015.