UPAYA MENINGKATKAN KEMAMPUAN MOTORIK HALUS DAN KASAR MELALUI KEGIATAN MENGGAMBAR DI ATAS PASIR PADA ANAK KELOMPOK B TK DARMA WANITA II DESA DERSONO PRINGKUKU PACITAN TAHUN PELAJARAN 2014/2015
Author (Penulis)
IDA NARWINI
Universitas Nusantara PGRI Kediri
Author Identity (NPM)
11.1.01.11.0264
Abstract
Ida Narwini: Upaya Meningkatkan Kemampuan Motorik Halus Dan Kasar Melalui Kegiatan Menggambar Di Atas Pasir Pada Anak Kelompok B TK Dharma Wanita II Semester II. Skripsi PG PAUD, FKIP UNP KEDIRI, 2013. Tahun Pelajaran 2014/2015. Dalam proses pembelajaran kehadiran media pembelajaran mempunyai arti yang cukup penting. Karena dalam kegiatan tersebut ketidakjelasan bahan yang disampaikan dapat dibantu dengan menghadirkan media sebagai perantara.Kerumitan bahan yang akan disampaikan kepada anak didik dapat disederhanakan dengan bantuan media. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah, Bagaimanakah upaya meningkatkan kemampuan Motorik halus dan kasar melalui kegiatan menggambar diatas Pasir pada anak kelompok B TK Dharma Wanita II Desa Dersono Pringkuku Pacitan? Rancangan peneliti yang dipakai adalah peneliti tindakan kelas (PTK). Lokasi yang menjadi subyek perbaikan pembelajaran ini adalah TK Dharma Wanita Dersono Pringkuku Pacitan tahun pelajaran 2014/2015 anak didik kelompok B dengan jumlah anak 14, yaitu 7 anak laki-laki dan 7 anak perempuan. Berdasarkan hasil peneliti yang telah dilakukan,dapat diambil kesimpulan bahwa penggunaan media gambar dapat meningkatkan kemampuan Kreatifitas pada anakdidik kelompok B Taman Kanak-kanak Dharma Wanita II Desa Dersono Pringkuku Pacitan tahun pelajaran 2014/2015. Pada siklus ketiga anak didik tuntas dalam belajar dengan naiknya tingkat kemampuan menggambar jika dibandingkan dengan tindakan-tindakan sebelumnya. Berdasarkan kesimpulan di atas dapat disampaikan saran-saran sebagai langkah tindak lanjut sebagai berikut: (1) Bagi guru diharapkan untuk berperan aktif dalam meningkatkan pengetahuan bagi pihak sekolah diharapkan untuk lebih meningkatkan sarana dan prasarana berupa penyediaan media pengajaran yang memadai, sehingga pelaksanakan belajar mengajar akan lebih efektif dan efisien; (2) Bagi guru diharapkan bisa memanfaatkan alam sekitar sebagai sumber belajar karena lebih murah, mudah dan berkesan bagi anak didik; dan (3) Bagi pihak pemerintah diharapkan untuk melakukan kegiatan pelatihan, seminar atau lokakarya pendidikan dan pembelajaran guna peningkatan kompetensi guru dalam mengajar.