MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERBICARA MELALUI MEDIA KOLAM CERITA PADA ANAK KELOMPOK B DI TK NEGERI PEMBINA KECAMATAN PRINGKUKU KABUPATEN PACITAN


Author (Penulis)

FARIDHA TRI RETNO SULISTIAWATI
Universitas Nusantara PGRI Kediri

Author Identity (NPM)

11.1.01.11.0261

Abstract

Penelitian ini beranjak dari permasalahan berupa kurang dimilikinya kemampuan berbicara anak kelompok B Tk Negeri Pembina yang ditunjukkan dengan sebagian besar anak menjawab dengan jawaban yang singkat dengan pola kalimat yang belum sempurna, masih minim terhadap kosa kata sehari-hari untuk membuat sebuah kalimat yang sempurna, mereka tampak kurang berani berbicara di depan orang banyak. Salah satu penyebab kondisi tersebut adalah proses pembelajaran kemampuan berbicara tersebut disampaikan hanya dalam bentuk bercakap-cakap saja tanpa menggunakan media.Tujuan utama dari penelitian ini adalah untuk memperoleh gambaran empirik tentang penggunaan media kolam cerita untuk meningkatkan kemampuan berbicara pada anak usia dini. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK), dengan subjek penelitiannya adalah anak kelompok B Tk Negeri Pembina Tahun Pelajaran 2014-2015 yang berjumlah 20 orang terdiri dari 9 orang anak lakilaki dan 11 orang anak perempuan. Penelitian ini mengacu pada langkah-langkah penelitian tindakan kelas dari Kemmis dan mc Taggart, 1998 (Kunandar, 2008)antara lain (1), perencanaan (2), tindakan (3), observasi(4) reflkesi. Tekhnik pengumpulan data dilakukan melalui tiga jenis yaitu unjuk kerja, observasi, dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kemampuan berbicara anak kelompok B Tk Negeri Pembina mengalami peningkatan setelah diterapkan penggunaan media kolam cerita. Begitu pula dengan hasil pengukuran mengalami peningkatan persentase kemampuan berbicara dengan kategori “dapat” atau berbicara dengan lancar sekitar 85%, yaitu prasiklus 0%, siklus I sebesar 0%, siklus II menjadi 75%, dan siklus III menjadi 85%. Kemampuan berbicara pada anak akan meningkat lebih baik bila Guru dalam menggunakan media kolam cerita memahami betul tekhnik penggunaannya dan diterapkan secara intensif.

Keyword

a

Reference


PUBLISHED

2016-02-10

JOURNAL

Simki-Pedagogia

ISSN

2599-073X

ISSUE


Download PDF

Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat UN PGRI Kediri.

Jl. KH. Ahmad Dahlan 76 Mojoroto Kota Kediri

Designed by BootstrapMade
LPPM Server - Powered by BSI