M E N I N G K A T K A N K E M A M P U A N M E M B A C A P E R M U L A A N MENGGUNAKAN METODE COOPERATIVE LEARNING DENGAN TEKNIK MENCARI PASANGAN PADA ANAK KELOMPOK B T K B A P A N G A N P U T R A D E S A S I D O M U L Y O KECAMATAN NGADIROJO KABUPATEN PACITAN T A H U N P E L A J A R A N 2 0 1 4 / 2 0 1 5
Author (Penulis)
ERNA HEMAWATI
Universitas Nusantara PGRI Kediri
Author Identity (NPM)
11.1.01.11.0259
Abstract
Pembelajaran ini dilatar belakangi hasil pengamatan dan pengalaman peneliti, bahwa pembelajaran dikelompok B TK Bapangan Putra Desa Sidomulyo Kecamatan Ngadirojo Kabupaten Pacitan dalam kemampuan membaca permulaan masih rendah. Guru masih menggunakan metode lama, metode dimana anak satu persatu maju kedepan untuk menyebutkan kata yang ditujukkan guru tanpa disertai permainan sedikitpun sehingga proses pembelajaran dirasakan monoton. Permasalahan penelitian ini adalah Apakah Melalui Metode Cooperative Learning dengan Teknik Mencari Pasangan dapat meningkatkan Kemampuan Membaca Permulaan Pada Anak Kelompok B TK Bapanagan Putra Kecamatan Ngadirojo Kabupaten Pacitan Tahun Pelajaran 2014/2015? Penelitian ini menggunakan pendekatan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan subyek penelitian pada anak kelompok B TK Bapangan Putra Kecamatan Ngadirojo Kabupaten Pacitan. Penelitian dilaksanakan dalam tiga siklus, menggunakan instrumen berupa Membuat Rencana Kegiatan Mingguan (RKM), Membuat Rencana Kegiatan Harian (RKH), Membuat lembar unjuk kerja, Membuat lembar evaluasi. Kesimpulan hasil penelitian ini adalah Tindakan pembelajaran melalui metode cooperative learning dengan teknik mencari pasangan dapat dibuktikan kebenarannya untuk meningkatkan kemampuan membaca permulaan pada anak kelompok B TK Bapangan Putra Kecamatan Ngadirojo Kabupaten Pacitan Tahun Pelajaran 2014/ 2015. Berdasarkan simpulan hasil penelitian ini, direkomendasikan: (1) Tujuan pokok untuk mengetahui penggunaan melalalui metode cooperative learning dengan teknik mencari pasangan dapat meningkatkan Penerapan kemampuan membaca permulaan menggunakan metode cooperative learning dengan teknik mencari pasangan dalam pembelajaran dapat mengembangkan kemampuan bahasa, sosial emosional dalam bekerjasama.