MENGEMBANGKAN KEMAMPUAN BERKOMUNIKASI MENGGUNAKAN METODE BERMAIN PERAN (ROLE PLAYING) PADA SISWA DI KB SENTOSA DESA JETIS KIDUL KECAMATAN ARJOSARI KABUPATEN PACITAN TAHUN AJARAN 2014/2015
Author (Penulis)
ENNY YULIANINGSIH
Universitas Nusantara PGRI Kediri
Author Identity (NPM)
11.1.01.11.0258
Abstract
Penelitian ini dilatar belakangi hasil pengamatan dan pengalaman peneliti, bahwa dalam kegiatan pembelajaran di kelas dalam kegiatan bercakap-cakap masih kurang. Akbatnya suasana dikelas pasif dan membosnn. Hal tersebut nampak dari kemampuan berkomunikasi siswa yang rendah, yang pada akhirnya hasil belajar siswapun juga rendah. Permasalahan penelitin ini adalah (1) Bagaimanakah penearapan metode bermain peran untuk mengembangkan kemampuan berkomunikasi siswa dalam kegaitan pembelajaran dikelas? (2) Apakah melalui metode bermain peran dapat mengembangkan kemampuan berkomunikasi dalam kegaitan pembelajaran? (3) Apakah melalui metode bermain peran dapat meningkatkan hasil belajar siswa? Penelitian ini menggunakan pendekatan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan subyek penelitian siswa kelompok di Kelompok Bermain Sentosa desa jetis kidul kecamatan arjosari kabupaten pacitan, dengan jumlah murid sebanyak 16 anak yang terdiri dari siswa putra 8 anak dan siswa putri 8 anak. Penelitian dilaksanakan dalam tiga siklus, menggunakan instrumen penelitian yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan rencana kegiatan harian (RKH). Teknik pengumpulan data. Berdasarkan hasil penelitian yang telah dilakukan di Kelompok Bermain Sentosa maka dapat disimpulkan bahwa tindakan pembelajaran melalui metode bermain peran dapat dibuktikan kebenarannya untuk mengembangkan kemampuan berkomunikasi pada siswa di Kelompok Bermain Sentosa