MENGEMBANGKAN KEMAMPUAN SOSIAL EMOSIONAL DALAM BEKERJASAMA DENGAN TEMAN MELALUI PERMAINAN OUTBOUND DI KB BINA LESTARI KECAMATAN TULAKAN
Author (Penulis)
ANJARSARI
Universitas Nusantara PGRI Kediri
Author Identity (NPM)
11.1.01.11.0254
Abstract
Penelitian ini dilatarbelakangi hasil pengamatan dan pengalaman peneliti, bahwa kegiatan outbound belum familiar di kalangan dunia pendidikan khususnya pendidikan anak usia dini. Kalaupun ada sekolah yang mengikuti outbound hanyalah SMA ke atas hanya sebatas pelatihan saja, belum menjadi kegiatan rutin. Kegiatan outbound cenderung ditakuti anak-anak karena diadakan di ketinggian. Rumusan permasalahan penelitian ini adalah apakah penerapan permainan outbound dalam pembelajaran dapat mengembangkan sosial emosional dalam bekerjasama dengan teman di KB Bina Lestari Kecamatan Tulakan.
Penelitian ini menggunakan pendekatan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan subjek penelitian anak KB Bina Lestari Kecamatan Tulakan. Penelitian dilaksanakan dengan tiga siklus, menggunakan instrumen berupa, RKM, RKH, lembar observasi aktivitas anak, lembar observasi aktivitas guru.
Kesimpulan hasil penelitian ini adalah penerapan permainan outbound dalam pembelajaran dapat mengembangkan kemampuan sosial emosional dalam bekerjasama dengan teman di KB Bina Lestari Kecamatan Tulakan. Melalui siklus tindakan pembelajaran dapat ditemukan langkah-langkah yang efektif penerapan permainan outbound untuk mengembangkan sosial emosional dalam bekerjasama dengan teman.
Saran yang dapat diberikan dalam penelitian ini baik bagi lembaga, guru, maupun orangtua sebaiknya untuk meningkatkan haril belajar dalam pengembangan sosial emosional anak agar anak lebih termotivasi dan tidak jenuh dalam pembelajaran sebaiknya jangan hanya menggunakan cara teori atau bercakap-cakap tetapi juga dengan cara permainan seperti permainan outbound.