MENGEMBANGKAN KEMAMPUAN KOGNITIF SISWA DALAM MEMBEDAKAN SUARA MELALUI MEDIA AUDIO PADA SISWA KELOMPOK A DI KB TUNAS MUDA DESA NGRECO KECAMATAN TEGALOMBO KABUPATEN PACITAN TAHUN PELAJARAN 2014/2015


Author (Penulis)

ANITA WARDANI
Universitas Nusantara PGRI Kediri

Author Identity (NPM)

11.1.01.11.0253

Abstract

Penelitian ini untuk mengetahui pengaruh media audio terhadap membedakan suara anak Kelompok Bermain Tunas Muda. Fokus penelitian adalah (1) Bagaimana kemampuan membedakan suara pada anak Kelompok Bermain Tunas Muda sebelum dan sesudah menggunakan media audio? (2) Apakah terdapat peningkatan kemampuan anak membedakan suara pada siswa Kelompok Bermain Tunas Muda setelah diterapkan media audio? Tujuan penelitian ini adalah untuk memperoleh gambaran tentang pengaruh media audio terhadap kemampuan membedakan suara dan tujuan khususnya adalah untuk mengetahui kemampuan kognitif dalam membedakan suara pada anak Kelompok A di Kelompok Bermain Tunas Muda sebelum dan sesudah penerapan pembelajaran menggunakan media audio. Penelitian ini menggunakan prndekatan Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Subjek penelitian adalah 15 anak Kelompok Bermain Tunas Muda. Penelitian dilaksanakan dalam tiga siklus satu tindakan. Kesimpulan hasil penelitian ini adalah (1) Kondisi awal perkembangan anak membedakan suara di Kelompok Bermain Tunas Muda masih berada pada kategori kurang. (2) Penggunaan media audio pada proses pembelajaran mengalami peningkatan. (3) Penggunaan media audio diharapakan dapat membantu anak dalam membedakan suara pada anak Kelompok Bermain Tunas Muda

Keyword

a

Reference


PUBLISHED

2016-01-05

JOURNAL

Simki-Pedagogia

ISSN

2599-073X

ISSUE


Download PDF

Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat UN PGRI Kediri.

Jl. KH. Ahmad Dahlan 76 Mojoroto Kota Kediri

Designed by BootstrapMade
LPPM Server - Powered by BSI