MENGEMBANGKAN KEMAMPUAN BERBICARA MELALUI METODE BERNYANYI PADA ANAK USIA 3-4 TAHUN PAUD ANGGREK DESA SUKODONO KECAMATAN KARANGREJO KABUPATEN TULUNGAGUNG TAHUN AJARAN 2014/2015
Author (Penulis)
SITI LIS SA'ADAH
Universitas Nusantara PGRI Kediri
Author Identity (NPM)
11.1.01.11.0244
Abstract
Mengembangkan Kemampuan Berbicara Melalui Metode Bernyanyi Pada Anak Usia 3-4 Tahun Paud Anggrek Desa Sukodono Kecamatan Karangrejo Kabupaten Tulungagung Tahun Ajaran 2014/2015, Skripsi, PGPAUD, FKIP UNP Kediri, 2015.
Penelitian ini dilatar belakangi hasil pengamatan dan pengalaman peneliti, bahwa kemampuan berbicara anak masih rendah yang disebabkan oleh metode pembelajaran yang digunakan oleh pendidik kurang menarik, sehingga membuat anak menjadi bosan dan kurang tertarik untuk mengikuti proses pembelajaran.
Permasalahan penelitian ini adalah Apakah metode bernyanyi dapat mengembangkan kemampuan berbicara pada anak usia 3-4 tahun?, indikator keberhasilan tindakan adalah kemampuan berbicara anak setelah dilakukan tindakan lebih baik dari pada sebelum dilakukan tindakan
Penelitian ini menggunakan pendekatan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan subyek penelitian anak didik Paud Anggrek Sukodono. Penelitian dilaksanakan dalam tiga siklus, menggunakan lembar observasi aktifitas guru, dan lembar penilaian unjuk kerja anak.
Kesimpulan hasil penelitian ini adalah: melalui bernyanyi dapat mengembangkan kemampuan berbicara melalui metode bernyanyi pada anak usia 3-4 tahun, dan hipotesis dalam penelitian ini diterima.
Saran bagi orangtua diharapkan untuk selalu membimbing anak melaksanakan kegiatan pembelajaran di rumah. Selain itu saran bagi lembaga sekolah untuk menambahkan media dan metode-metode yang lebih menarik bagi anak, dan saran bagi peneliti selanjutnya dapat menggunakan metode bernyanyi ataupun metode-metode yang lain seperti metode bercerita, metode karya wisata dan lain-lain.