MENGEMBANGKAN KEMAMPUAN KOGNITIF MENGENAL URUTAN ANGKA 1-5 DENGAN MEDIA KOTAK TEROPONG AJAIB PADA ANAK USIA 3-4 TAHUNPOS PAUD AL KAUTSAR KEDUNGLURAH KECAMATAN POGALAN KABUPATEN TRENGGALEK


Author (Penulis)

SITI HUSNUL KHOTIMAH
Universitas Nusantara PGRI Kediri

Author Identity (NPM)

11.1.01.11.0243

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi hasil observasi awal yang dilakukan peneliti di Paud Al Kautsar Kedunglurah Kecamatan Pogalan Kabupaten Trenggalek, yang mana dari hasil observasi awal itu ditemukan bahwa kemampuan kognitif anak usia 3-4 tahun dalam mengenal urutan angka 1-5 masih tergolong rendah. Oleh karena itu, peneliti tertarik mengadakan penelitian dalam upaya mengembangkan kemampuan kognitif mengenal urutan angka 1-5 dengan judul “Mengembangkan Kemampuan Kognitif Mengenal Urutan Angka 1-5 Dengan Media Kotak TeropongAjaibPada Anak Usia 3-4 TahunPos Paud Al Kautsar KedunglurahKecamatan Pogalan Kabupaten Trenggalek”. Subjek dalam penelitian ini adalah seluruh anak usia 3-4 tahun PAUD AL KAUTSAR Kedunglurah Kecamatan Pogalan Kabupaten Trenggalek yang berjumlah 15 anak terdiri dari 8 anak laki-laki dan 7 anak perempuan. Adapun tujuan penelitian tindakan kelas ini adalah untuk mengetahui ada tidaknya perkembangan kemampuan kognitif dalam mengurutkan bilangan 1-5 pada anak usia 3-4 tahun POS PAUD Al Kautsar Kedunglurah Kecamatan Pogalan Kabupaten Trenggalek sebelum dan sesudah dilakukan tindakan perbaikan. Penelitian ini dilaksanakan dalam tiga siklus yang masing-masing siklus terdiri dari empat tahapan yaitu perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, refleksi. Adapun metode pengumpulan data menggunakan teknik unjuk kerja. Hasil perolehan pada siklus I menunjukkan bahwa ketuntasan belajar anak masih mencapai 40%. Ketuntasan belajar pada siklus I belum sesuai harapan. Oleh karena itu, perlu adanya perbaikan pada siklus II. Hasil perolehan dari siklus II menunjukkan bahwa ketuntasan belajar anak masih mencapai 60%. Hasil perolehan siklus III menunjukkan bahwa prosentase ketuntasan belajar anak telah mencapai 80%. Pada siklus ketiga ini prosentase ketuntasan belajar anak meningkat dengan baik. Maka penelitian ini sudah dikatakan berhasil. Berdasarkan hasil penelitian yang telah dilakukan dapat disimpulkan bahwa penggunaan media kotak teropong ajaib dapat meningkatkan kemampuan kognitif dalam mengenal urutan angka 1-5 anak usia 3-4 tahunPos Paud Al Kautsar KedunglurahKecamatan Pogalan Kabupaten Trenggalek. Oleh karena itu, hipotesis tindakan dalam penelitian ini diterima.

Keyword

a

Reference


PUBLISHED

2015-12-30

JOURNAL

Simki-Pedagogia

ISSN

2599-073X

ISSUE


Download PDF

Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat UN PGRI Kediri.

Jl. KH. Ahmad Dahlan 76 Mojoroto Kota Kediri

Designed by BootstrapMade
LPPM Server - Powered by BSI