MENGEMBANGKAN KEMAMPUAN BAHASA DALAM MENGENAL HURUF MELALUI MEDIA BONEKA TANGAN PADA ANAK KELOMPOK A TK DHARMA WANITA SUKODONO KECAMATAN KARANG REJO KABUPATEN TULUNGAGUNG
Author (Penulis)
ROISANA DEWI
Universitas Nusantara PGRI Kediri
Author Identity (NPM)
11.1.01.11.0242
Abstract
ABSTRAK
ROISANA DEWI: Mengembangkan Kemampuan Bahasa Dalam Mengenal Huruf Melalui Media Boneka Tangan Pada Anak Kelompok A TK Dharma Wanita Sukodono Kecamatan Karang Rejo Kabupaten Tulungagung, PTK Skripsi, PG PAUD, FKIP UNP Kediri, 2015
Kata Kunci: Kemampuan bahasa, huruf, media boneka tangan
Penelitian ini dilatar belakangi berdasarkan hasil observasi awal yang dilakukan peneliti di TK Dharma Wanita Sukodono Kecamatan Karang Rejo Kabupaten Tulungagung. Berdasarkan observasi awal tersebut diketahui bahwa kemampuan bahasa dalam mengenal huruf anak kelompok A TK Dharma Wanita Sukodono Kecamatan Karang Rejo Kabupaten Tulungagung masih relatif rendah. Untuk itu, peneliti termotivasi untuk melakukan penelitian guna mengembangkan kemampuan bahasa anak dalam mengenal huruf dengan judul penelitian “Mengembangkan Kemampuan Bahasa Dalam Mengenal Huruf Melalui Media Boneka Tangan Pada Anak Kelompok A TK Dharma Wanita Sukodono Kecamatan Karang Rejo Kabupaten Tulungagung”
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui ada tidaknya peningkatan kemampuan bahasa dalam mengenal huruf pada anak kelompok A TK Dharma Wanita Sukodono Kecamatan Karang Rejo Kabupaten Tulungagung setelah dilakukan tindakan perbaikan melalui media boneka tangan.
Subyek dalam penelitian ini adalah anak kelompok A TK Dharma Wanita Sukodono Kecamatan Karang Rejo Kabupaten Tulungagung yang berjumlah 17 anak, terdiri dari 9 anak laki-laki dan 8 anak perempuan.
Penelitian ini dilaksanakan dalam tiga siklus yang masing-masing siklus terdiri dari empat tahapan yaitu perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, refleksi. Adapun metode pengumpulan data menggunakan instrument unjuk kerja.
Hasil dari penelitian yang telah dilakukan pada tindakan siklus I ketuntasan belajar anak masih mencapai 47%, sedangkan pada tindakan siklus II ketuntasan belajar anak mengalami peningkatan meskipun masih belum maksimal yaitu masih mencapai 64%, dan pada tindakan siklus III ketuntasan belajar anak meningkat dengan sangat baik menjadi 82%.
Kesimpulan dalam penelitian ini adalah melalui media boneka tangan dapat mengembangkan kemampuan bahasa dalam mengenal huruf pada anak kelompok A TK Dharma Wanita Sukodono Kecamatan Karang Rejo Kabupaten Tulungagung, sehingga hipotesis dalam penelitian ini, diterima.