MENGEMBANGKAN KEMAMPUAN PENGENALAN ANGKA MELALUI PERMAINAN PERMEN ANGKA PADA ANAK KELOMPOK A TK NURUL FALAH DESA BANYAKAN KECAMATAN BANYAKANKABUPATEN KEDIRI


Author (Penulis)

NUR HABIBAH
Universitas Nusantara PGRI Kediri

Author Identity (NPM)

11.1.01.11.0241

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi pengalaman peneliti, bahwa dalam proses pembelajaran guru mengalami kesulitan disaat mengenalkan angka pada anak di kelompok A TK NURUL FALAH Desa Banyakan Kecamatan Banyakan Kediri. Penelitian ini secara umum bertujuan untuk mengembangkan pengenalan angka secara khusus mengetahui seberapa besar peningkatan anak dalam mengenal angka melalui permainan permen angka. Rumusan masalah pada penelitian ini adalah: apakah dengan permainan permen angka dapat mengembangkan pengenalan angka pada anak kelompok A TK NURULFALAH Desa Banyakan Kecamatan Banyaka Kediri tahun pelajaran 2014-2015? Penelitian ini menggunakan penelitian tindakan kelas (PTK) dengan subyek penelitian anak kelompok A TK NURUL FALAH Desa Banyakan Kecamatan Banyakan Kediri tahun pelajaran 2014/ 2015. Yang berjumlah 15 anak didik terdiri dari 9 nak laki-laki dan 6 anak perempuan penelitian ini dilakukan selama 3 siklus dengan proses umum meliputi tahap 1) perencanaan, 2) pelaksanaan, 3) pengamatan,4) refleksi. Data penelitian ini adalah data perkembangan dalam mengenal angka,indikator yang digunakan adalah pedoman observasi yang mengacu pada indikator yang ditetapkan dalam tehnik, analisis data yang digunakan adalah kualitatif dengan mengolah data yang terkumpul melalui observasi. Kesimpulan hasil penelitian ini adalah: kegiatan permainan permen angka meningkat pengenalan angka pada anak terbukti dari hasil yang diperoleh anak dapat dilihat dari rata-rata hasil presentase pada siklus I (20%) dan meningkat lagi pada siklus II (40%) dan meningkat lagi pada siklus III (80%) dan terus mengalami peningkatan. Berdasar simpulan hasil penelitan ini direkomendasikan: hendaknya hasil belajar anak yang dicapai dalam penelitian tindakan kelas ini tetap diperhatikan atau bahkan ditingkatkan lebih baik lagi. Pembelajaran dengan menerapkan kegiatan permainan permen angka dapat mengembangkan pengenalan angka pada anak. Pihak sekolah hendaknya mendorong guru untuk melakukan kegiatan yang inovatif sehingga berdampak positif dalam perkembangan anak serta mengembangkan kemampuan guru dalam proses kegiatan belajar mengajar. Oleh karena itu, hipotesis tindakan dalam penelitian ini, diterima.

Keyword

a

Reference


PUBLISHED

2015-12-29

JOURNAL

Simki-Pedagogia

ISSN

2599-073X

ISSUE


Download PDF

Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat UN PGRI Kediri.

Jl. KH. Ahmad Dahlan 76 Mojoroto Kota Kediri

Designed by BootstrapMade
LPPM Server - Powered by BSI