MENINGKATKAN KEMAMPUAN MOTORIK HALUS MELALUI KEGIATAN MELUKIS DENGAN MEDIA SEDOTAN PADA ANAK KELOMPOK B TK KUSUMA MULIA SELOTOPENG KECAMATAN BANYAKAN KABUPATEN KEDIRI
Author (Penulis)
IMROATUL ALIYAH
Universitas Nusantara PGRI Kediri
Author Identity (NPM)
11.1.01.11.0239
Abstract
Meningkatkan kemampuan motorik halus melalui kegiatan melukis dengan media sedotan pada anak kelompok B TK Kusuma Mulia Selotopeng Kecamatan Banyakan Kabupaten Kediri. Skripsi, PG-PAUD, FKIP UNP Kediri, 2015.
Penelitian ini dilatar belakangi hasil pengamatan dan pengalaman peneliti, bahwa pembelajaran motorik halus anak kelompok B TK Kusuma Mulia Selotopeng Kecamatan Banyakan Kabupaten Kediri menunjukkan bahwa kemampuan motorik halus anak masih rendah, sehingga hal tersebut perlu diadakan upaya untuk meningkatkannya. Permasalahan peneliti ini adalah “apakah melalui kegiatan melukis dengan menggunakan media sedotan dapat meningkatkan kemampuan motorik halus anak pada kelompok B TK Kusuma Mulia Selotopeng Kecamatan Banyakan Kabupaten Kediri?” Penelitian ini menggunakan pendekatan penelitian tindakan kelas (PTK) dengan subyek penelitian anak kelompok B TK Kusuma Mulia Selotopeng Kecamatan Banyakan Kabupaten Kediri. Penelitian dilaksanakan dalam 3 siklus, menggunakan instrumen berupa RKM, RKH, Hasil Penilaian kegiatan belajar anak. Berdasarkan kesimpulan hasil penelitian dari siklus 1 sampai siklus 3 adalah kegiatan melukis dengan media sedotan dapat meningkatkan kemampuan motorik halus anak kelompok B TK Kusuma Mulia Selotopeng Kecamatan Banyakan Kabupaten Kediri.Dengan demikian dapat dinyatakan bahwa dalam meningkatkan kemampuan motorik halus melalui kegiatan melukis dengan media sedotan pada anak kelompok B TK Kusuma Mulia Selotopeng Kecamatan Banyakan Kabupaten Kediri, sehingga hipotesis tindakan dalam penelitian, diterima.