Peningkatan Kemampuan Kognitif Dalam Mengenal Konsep Bilangan 1-10 Melalui Permainan Fun With Music Pada Anak Didik Kelompok A TK Dharma Wanita Sukowiyono, Kecamatan karangrejo, Kabupaten Tulungagung Tahun Pelajaran 2014/2015


Author (Penulis)

YUNITA BERTA SARI
Universitas Nusantara PGRI Kediri

Author Identity (NPM)

11.1.01.11.0234

Abstract

ABSTRAK YUNITA BERTA SARI: Peningkatan kemampuan kognitif dalam mengenal konsep bilangan 1 – 10 Melalui permainan fun with music pada Anak Kelompok A TK Dharma Wanita Sukowiyono Kecamatan Karangrejo Kabupaten Tulungagung Tahun Ajaran 2014 / 2015, Skripsi, PGPAUD, FKIP UNP Kediri, 2013. Kata Kunci : Permainan Fun With Music Taman Kanak-kanak merupakan lembaga pendidikan formal sebelum memasuki Sekolah Dasar. Lembaga ini dianggap penting karena merupakan usia emas (golden age) yang menuntut pengembangan anak secara optimal. Taman Kanak-kanak memegang peranan penting dalam pengembangan kemampuan berhitung 1-20, mengingat usia Taman Kanak-kanak adalah usia bermain maka pengembangannya harus yang aktif, kreatif dan menyenangkan. Dengan bermain gembira dengan musik diharapkan dapat menimbulkan minat belajar dan mempermudah pengertian tentang berhitung. Berdasarkan fenomena tersebut, apakah permainan fun with music dapat meningkatkan minat belajar mengenal konsep bilangan 1 – 10 pada anak didik kelompok A TK Dharma Wanita Sukowiyono, Kecamatan Karangrejo, Kabupaten Tulungagung? Tujuan penelitian adalah untuk mengetahui apakah dengan permainan fun with music akan dapat meningkatkan kemampuan mengenal konsep bilangan 1 – 10 pada anak didik kelompok A TK Dharma Wanita Sukowiyono, Kecamatan Karangrejo, Kabupaten Tulungagung?. Hipotesis penelitian, jika dalam belajar mengajar menggunakan metode bermain gembira dengan musik maka akan meningkatkan minat belajar dan mempermudah pengertian tentang berhitung 1-20. Rancangan dalam penelitian ini direncanakan melalui beberapa tahap penelitian, diantaranya: (1) Kegiatan Pra Tindakan, (2) Kegiatan Pelaksanaan Tindakan yang meliputi: Perencanaan Tindakan, Pelaksanaan Tindakan, Pengamatan, dan Refleksi. Hasil dari penelitian ini, dapat dipaparkan bahwa bermain gembira dengan musik dalam belajar dapat memperjelas informasi dan penyajian lebih menarik sehingga dapat memperlancar minat, aktivitas dan hasil belajar yang pada akhirnya dapat meningkatkan kemampuan berhitung 1-20 di Taman Kanak-kanak

Keyword

a

Reference


PUBLISHED

2016-01-11

JOURNAL

Simki-Pedagogia

ISSN

2599-073X

ISSUE


Download PDF

Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat UN PGRI Kediri.

Jl. KH. Ahmad Dahlan 76 Mojoroto Kota Kediri

Designed by BootstrapMade
LPPM Server - Powered by BSI