Meningkatkan Kemampuan Sosial Emosional dalam Kemandirian Menggunakan Media Celemek Cerita Pada Anak Didik Kelompok Bermain di PAUD Mawar Desa Tanggunggunung Kabupaten Tulungagung tahun pelajaran 2014/201
Author (Penulis)
SUSILA
Universitas Nusantara PGRI Kediri
Author Identity (NPM)
11.1.01.11.0233
Abstract
MENINGKATKAN KEMAMPUAN SOSIAL EMOSIONAL
DALAM KEMANDIRIAN MENGGUNAKAN MEDIA
CELEMEK CERITA PADA ANAK DIDIK KELOMPOK BERMAIN
DI PAUD MAWAR DESA TANGGUNGGUNUNG
KABUPATEN TULUNGAGUNG
TAHUN PELAJARAN 2014/2015
SUSILA
Program Studi Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini
Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Nusantara PGRI Kediri
Jl. K. H. Achmad Dahlan No. 76 Telp. (0354) 776706 Kediri 64112
ABSTRAK
Penelitian ini dilatarbelakangi hasil pengamatan dan pengalaman peneliti, bahwa kemampuan social emosional kelompok bermain di PAUD Mawar desa Tanggunggunung kabupaten Tulungagung tahun pelajaran 2014/2015 masih rendah. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah apakah dengan menggunakan media celemek cerita dapat meningkatkan kemampuan sosial emosional dalam kemandirian pada anak didik kelompok bermain di PAUD Mawar, desa Tanggunggunung, kabupaten Tulungagung tahun pelajaran 2014/2015?. tujuan umum dalam penelitian ini adalah (1) Mengumpulkan data tentang kemampuan sosial emosional dalam kemandirian pada anak didik kelompok bermain di PAUD Mawar, desa Tanggunggunung, kabupaten Tulungagung sebelum dilakukan tindakan. (2) Melakukan tindakan, yakni penerapan media celemek cerita dalam proses pembelajaran sebagai upaya untuk meningkatkan kemampuan sosial emosional dalam kemandirian pada anak didik kelompok bermain di PAUD Mawar, desa Tanggunggunung, kabupaten Tulungagung. Hasil perhitungan kemampuan anak pada pra-tindakan pra-siklus, siklus I, dan siklus II didapatkan hasil sebagai berikut: pra-siklus sebesar 32,6% anak yang tuntas dan 67,4% yang belum tuntas’ Siklus I sebesar 48,8% yang tuntas dan siklus II sebesar 86,3%. Nilai ini menunjukkan bahwa kegiatan pembelajaran pada siklus II sudah tuntas dan sesuai dengan kriteria ketuntasan yang telah ditetapkan yakni minimal 75%, sehingga dapat disimpulkan bahwa pembelajaran dengan menggunakan media celemek cerita mampu meningkatkan kemampuan social emosional pada kemandirian anak anak didik kelompok bermain di PAUD Mawar, desa Tanggunggunung, kabupaten Tulungagung tahun pelajaran 2014/2015.