Mengembangkan Kemampuan Motorik Halus Melalui Kegiatan Kolase Dengan Media Kertas Pada Anak Kelompok B PAUD Genius Sukorejo Wetan Kecamatan Rejotangan Kabupaten Tulungagung
Author (Penulis)
NINIK DWI WAHYUNI
Universitas Nusantara PGRI Kediri
Author Identity (NPM)
11.1.01.11.0232
Abstract
ABSTRAK
NINIK DWI WAHYUNI: Mengembangkan Kemampuan Motorik Halus Melalui Kegiatan Kolase Dengan Media Kertas Pada Anak Kelompok B Paud Genius Sukorejo Wetan Kecamatan Rejotangan Kabupaten Tulungagung, Skripsi, PG-PAUD, FKIP UNP Kediri, 2015.
Kata kunci : motorik halus, kegiatan kolase, media kertas.
Penelitian ini dilatarbelakangi kondisi pengembangan motorik halus anak yang belum memuaskan. Selain itu, untuk mengembangkan motorik halus, metode yang digunakan oleh guru untuk kegiatan motorik halus kurang menarik, sehingga dalam proses pembelajaran anak mudah bosan. Dari hasil pengamatan dan hasil nilai di kelompok B PAUD GENIUS Sukorejo Wetan Kecamatan Rejotangan Kabupaten Tulungagung, didapatkan data dari 30 anak didik bahwa 70% mengalami kesulitan dalam kemampuan motorik halus. Hal ini dapat terlihat dari nilai (?) yang anak didik peroleh. Dari 30 anak terdapat 15 anak didik yang mendapat nilai bintang satu (?), sedangkan yang mendapat bintang dua (??) ada 8 anak dan yang mendapat nilai bintang 3 (???) hanya 7 anak. Hal ini menunjukkan bahwa kemampuan motorik halus masih kurang berkembang dengan baik.
Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah “Apakah kegiatan kolase dengan media kertas dapat mengembangkan kemampuan motorik halus anak kelompok B PAUD GENIUS desa Sukorejo Wetan Kecamatan Rejotangan Kabupaten Tulungagung?” Tujuan dari penelitian ini adalah memperoleh data tentang kemampuan motorik halus anak kelompok B PAUD GENIUS Desa Sukorejo Wetan Kecamatan Rejotangan Kabupaten Tulungagung sebelum dan sesudah dilakukan tindakan
Penelitian ini menggunakan pendekatan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan subyek penelitian anak didik kelompok B PAUD GENIUS Sukorejo Wetan Kecamatan Rejotangan Kabupaten Tulungagung. Penelitian ini dilaksanakan dalam tiga siklus, menggunakan instrument berupa RKH dan RKM, lembar observasi guru dan anak didik dan lembar penilaian.
Kesimpulan dalam penelitian ini adalah melalui kegiatan kolase dengan media kertas mampu meningkatkan kemampuan motorik halus anak kelompok B PAUD GENIUS Sukorejo Wetan Kecamatan Rejotangan Kabupaten Tulungagung tahun pelajaran 2014/2015. Hal ini berarti hipotesis yang diajukan di awal penelitian diterima.