MENINGKATKAN KEMAMPUAN FISIK MOTORIK HALUS MELALUI AKTIFITAS MOZAIK DARI BAHAN ALAM PADA ANAK KELOMPOK B PAUD CEMPAKA TRISULA PERWARI DESA GEDANGSEWU KECAMATAN PARE KABUPATEN KEDIRI TAHUN PELAJARAN 2014/2015


Author (Penulis)

SITI MASLICHAH AGUSTINA
Universitas Nusantara PGRI Kediri

Author Identity (NPM)

11.1.01.11.0225

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi hasil pengamatan dan pengalaman peneliti, bahwa anak didik kelompok B PAUD Cempaka Trisula Perwari Gedangsewu Kecamatan Pare Kabupaten Kediri, kurang berminat dalam kegiatan menggambar dan mewarnai. Kegiatan menggambar yang dimaksud adalah menggambar dengan berbagai teknik seperti menggambar dengan teknik mozaik dan dengan teknik kolase atau montase. Kesulitan yang dialami guru dalam hal menggambar yaitu disebabkan oleh karakteristik anak yang berbeda-beda antara anak yang satu dengan anak yang lainnya. Media dan bahan pembelajaran yang kurang menarik juga mempengaruhi kegiatan pembelajaran Permasalahan penelitian ini adalah (1) Bagaimanakah penerapan aktifitas mozaik dari bahan alam untuk meningkatkan kemampuan fisik motorik halus anak? Apakah melalui aktifitas mozaik dari bahan alam dapat meningkatkan kemampuan fisik motorik halus anak? Penelitian ini menggunakan pendekatan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan subyek penelitian anak didik Kelompok B PAUD Cempaka Trisula Perwari Desa Gedangsewu Kecamatan Pare Kabupaten Kediri. Penelitian dilaksanakan dalam tiga siklus, menggunakan instrumen berupa Rencana Kegiatan Harian (RKH), Rencana Kegiatan Mingguan (RKM), buku bantu penilaian, lembar observasi anak didik dan lembar observasi Guru. Kesimpulan hasil penelitian ini adalah (1) Melalui siklus tindakan pembelajaran dapat ditemukan langkah-langkah yang efektif melalui aktifitas mozaik dari bahan alam untuk meningkatkan kemampuan fisik motorik halus pada anak usia dini (2) Melalui aktifitas mozaik dari bahan alam terbukti dapat meningkatkan kemampuan fisik motorik halus pada anak usia dini. Berdasarkan simpulan hasil penelitian ini, direkomendasikan: (1) Tujuan pokok penggunaan aktifitas mozaik dari bahan alam adalah untuk mengembangkan kemampuan fisik motorik halus. Oleh sebab itu guru sebagai pelaksana pembelajaran harus mengutamakan proses yang mendukung terciptanya suasana pembelajaran yang menyenangkan dan menarik bagi anak-anak. Kreativitas guru sangat membantu dalam pembelajaran. (2 Pemanfaatan barang-barang bekas harus dilakukan oleh guru. Selain murah dan mudah didapat, juga bisa menambah perbendaharaan alat peraga di sekolah, dan dapat memudahkan guru dalam proses pembelajaran. Bentuk, bahan dan media kolase sebaiknya dikembangkan sendiri oleh guru sesuai dengan keadaan atau kondisi sekolah maupun lingkungan sekolah. Pembuatan, pengembangan dan pengkajian-pengkajian alat peraga aktifitas mozaik akan sangat baik jika dilakukan bersama-sama oleh semua guru.

Keyword

a

Reference


PUBLISHED

2016-03-30

JOURNAL

Simki-Pedagogia

ISSN

2599-073X

ISSUE


Download PDF

Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat UN PGRI Kediri.

Jl. KH. Ahmad Dahlan 76 Mojoroto Kota Kediri

Designed by BootstrapMade
LPPM Server - Powered by BSI