MENGEMBANGKAN KEMAMPUAN KONSEP BILANGAN 1-10 DENGAN MEDIA KOTAK PINTAR PADA ANAK KELOMPOK ATK ABA 1 PUNCU KABUPATEN KEDIRI


Author (Penulis)

TITIK SURYANI
Universitas Nusantara PGRI Kediri

Author Identity (NPM)

11.1.01.11.0224

Abstract

tentang kemampuan mengembangkan konsep bilangan 1-10 anak yang masih sangat rendah. Sehingga anak kurang berminat dalam mengenal konsep bilangan 1-10, hal ini disebabkan karena metode yang dipergunakan oleh pendidik monoton dan tidak menyenagkan. Dengan menggunakan media kotak pintar diharapkan dapat meningkatkan kemampuan mengembangkan konsep bilangan 1-10, sehingga dapat memberi motivasi kepada anak untuk dapat mengembangkan imajinasi dan kreatifitasnya. Tujuan penelitian ini adalah menerapkan pembelajaran berupa penerapan media kotak pintar dalam pembelajaran sebagai upaya meningkatkan kualitas pembelajaran dan kemampuan mengembangkan konsep bilangan 1-10. Dalam Penelitian ini, peneliti menggunakan pendekatan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan subyek penelitian anak didik kelompok A TK ABA I Puncu Kecamatan Puncu Kabupaten Kediri. Penelitian dilaksanakan dalam 3 siklus. Setiap siklus terdiri dari empat tahap yaitu: tahap perencanaan, tahap pelaksanaan, tahap pengamatan dan tahap refleksi. Subyek penelitian ini adalah anak didik kelompok A di TK ABA I Puncu Kecamatan Puncu yang berjumlah 17 anak. Dengan menggunakan teknik pengumpulan data yang digunakan adalah unjuk kerja. Peningkatan kemampuan kognitif melalui kegiatan gerak dan lagu di TK ABA I Puncu Kecamatan Puncu, terbukti dilihat dari hasil penelitian Pada siklus I anak yang mendapat bintang tiga sebanyak 5 anak (20%), pada siklus II anak yang mendapat bintang tiga meningkat 13 anak (60%) dan pada siklus III anak yang mendapat bintang tiga meningkat menjadi 15 anak (90%). Kesimpulan dari penelitian ini adalah penerapan kegiatan dengan media kotak pintar mempunyai pengaruh positif yaitu dapat meningkatkan kemampuan mengembangkan konsep bilangan anak didik yang ditunjukkan dengan unjuk karja anak didik. Saran apabila teman-teman guru TK menghadapi masalah dalam mengembangkan kemampuan konsep bilangan 1-10 anak bisa menggunakan media kotak pintar.

Keyword

a

Reference


PUBLISHED

2016-03-30

JOURNAL

Simki-Pedagogia

ISSN

2599-073X

ISSUE


Download PDF

Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat UN PGRI Kediri.

Jl. KH. Ahmad Dahlan 76 Mojoroto Kota Kediri

Designed by BootstrapMade
LPPM Server - Powered by BSI