MENGEMBANGKAN KEMAMPUAN FISIK MOTORIK HALUS MELALUI KEGIATAN MENGGAMBAR MENGGUNAKAN KELERENG PADA ANAK KELOMPOK A TK KUSUMA MULIA II DESA TULUNGREJO KECAMATAN PARE KABUPATEN KEDIRI
Author (Penulis)
SITI CHOIRIYAH
Universitas Nusantara PGRI Kediri
Author Identity (NPM)
11.1.01.11.0222
Abstract
ABSTRAK
Berdasarkan dari hasil pengamatan yang telah dilakukan peneliti di TK Kusuma Mulia II Tulungrejo telah ditemukan masalah tentang kemampuan fisik motorik halus anak yang masih sangat rendah. Sehingga anak kurang berminat dalam melakukan kegiatan menggambar, hal ini disebabkan karena metode yang dipergunakan oleh pendidik monoton dan tidak menyenagkan.
Dengan menggunakan kegiatan menggambar menggunakan kelereng diharapkan dapat mengembangkan kemampuan fisik motorik halus anak didik, sehingga dapat memberi motivasi kepada anak untuk dapat mengembangkan imajinasi dan kreatifitasnya.
Tujuan penelitian ini adalah menerapkan pembelajaran dengan menggunakan kegiatan menggambar menggunakan kelereng untuk mengembangkan kemampuan fisik motorik halus anak didik.
Peneliti menggunakan pendekatan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan subyek penelitian anak didik kelompok A TK Kusuma Mulia II Desa Tulungrejo Kecamatan Pare Kabupaten Kediri. Penelitian dilaksanakan dalam 3 siklus. Subyek penelitian ini adalah anak didik kelompok A di TK Kusuma Mulia II Desa Tulungrejo Kecamatan Pare yang berjumlah 20 anak. Dengan menggunakan teknik pengumpulan data yang digunakan adalah unjuk kerja.
Pengembangan kemampuan fisik motorik halus melalui kegiatan menggambar menggunakan kelereng pada anak kelompok A TK Kusuma Mulia II Desa Tulungrejo Kecamatan Pare, terbukti dilihat dari hasil penelitian Pada siklus I anak yang mendapat bintang tiga dan empat sebanyak 4 anak (20%), pada siklus II anak yang mendapat bintang tiga dan empat meningkat 10 anak (50%) dan pada siklus III anak yang mendapat bintang tiga dan empat meningkat menjadi 18 anak (90%).
Kesimpulan dari penelitian ini adalah penerapan kegiatan menggambar menggunakan kelereng mempunyai pengaruh positif yaitu dapat mengembangkan kemampuan fisik motorik halus anak didik yang ditunjukkan dengan hasil karya anak didik