MENGEMBANGKAN KEMAMPUAN BERHITUNG 1 – 10 MENGGUNAKAN MEDIA DONAT HITUNG PADA ANAK KELOMPOK “A” TK DHARMA WANITA KAMPUNGBARU 3 KEC. KEPUNG KAB. KEDIRI


Author (Penulis)

IIS NURBA\'DIYAH
Universitas Nusantara PGRI Kediri

Author Identity (NPM)

11.1.01.11.0214

Abstract

IIS NURBA’DIYAH: Menerapkan media donat hitung guna meningkatkan kemampuan berhitung 1 – 10 pada anak kelompok “A” TK Dharma Wanita Kampung Baru 3 Kec. Kepung Kab. Kediri, Skripsi, PG-PAUD, FKIP UNP Kediri, 2015. Kata Kunci : Kemampuan 1-10 Media Donat Hitung. Penelitian ini dilatar belakangi hasil kemampuan belajar anak pada kelompok”A” TK Dharma Wanita Kampung Baru 3 Kec. Kepung Kab. Kediri pada semester 1 yang masih lemah. Akibatnya suasana kelas menjadi monoton, pasif dan membosankan. Hal tersebut nampak dari motivasi belajar siswa yang rendah, yang akhirnya hasil belajarpun rendah. Permasalahan penelitian ini adalah (1) rendahnya kemmapuan berhitung (2) apakah penerapan media donat hitung dapat meningkatkan motivasi belajar pada siswa? (3) apakah penerapan media donat hitung dapat meningkatkan kemampuan belajar siswa? Penelitian ini menggunakan pendekatan penelitian tindakan kelas (PTK) dengan subyek penelitian anak kelompok “A” TK Dharma Wanita Kampung Baru 3 Kec. Kepung Kab. Kediri. Penelitian ini dilaksanakan dalam tiga siklus, menggunakan instrumen penilaian dan lembar observasi aktivitas siswa dan lembar observasi aktivitas guru. Kesimpulan hasil penelitian ini adalah penerapan media donat hitung dalam pembelajaran dapat meningkatkan kemampuan berhitung 1-10 pada anak kelompok “A” TK Dharma Wanita Kampung Baru 3 Kec. Kepung Kab. Kediri. Berdasarkan analisis data yang telah dilakukan dapat diketahui bahwa terdapat peningkatan pada ketuntasan belajar berhitung 1-10 pada anak kelompok “A” TK Dharma Wanita Kampung Baru 3 Kec. Kepung Kab. Kediri, dapat dilihat mulai prosentase pada siklus I ketuntasan belajar mencapai 46% sedangkan pada siklus II mencapai 53% dan pada siklus III mencapai 81% dengan demikian penelitian tindakan kelas dapat dikatakan berhasil karena telah mencapai hasil prosentase di atas kriteria ketuntasan minimal sebesar 75%.

Keyword

a

Reference


PUBLISHED

2016-03-30

JOURNAL

Simki-Pedagogia

ISSN

2599-073X

ISSUE


Download PDF

Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat UN PGRI Kediri.

Jl. KH. Ahmad Dahlan 76 Mojoroto Kota Kediri

Designed by BootstrapMade
LPPM Server - Powered by BSI