MENGEMBANGKAN KEMAMPUAN KOGNITIF DALAM BERHITUNG MELALUI MEDIA ROBOT BERTELUR PADA ANAK KELOMPOK A TK DHARMA WANITASUKOWIDODO KECAMATAN KARANGREJO KAPUBATEN TULUNGAGUNG
Author (Penulis)
VICA DEWI KRISMAYA
Universitas Nusantara PGRI Kediri
Author Identity (NPM)
11.1.01.11.0211
Abstract
Penelitian ini dilatar belakangi hasil pengamatan dan pengalaman peneliti, bahwa tingkat kemampuan berhitung anak TK Kelompok A masih rendah, sehingga hasil yang dicapai oleh anak dalam pembelajaran berhitung belum maksimal sesuai dengan apa yang diharapkan. Hal ini disebabkan oleh rendahnya minat dan semangat belajar anak pada pembelajaran yang diterapkan. Faktor minat dan semangat belajar seorang anak dalam berhitung turut berpengaruh terhadap kemampuan perkembangan kognitifnya.
Permasalahan penelitian ini adalah : Apakah penggunaan media robot bertelur dapat mengembangkan kemampuan kognitif dalam berhitung pada anak kelompok A TK Dharma Wanita Desa Sukowidodo Kecamatan Karangrejo Kabupaten Tulungagung ?
Penelitian ini menggunakan pendekatan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan subyek penelitian anak didik kelompok A TK Dharma Wanita Desa Sukowidodo Kecamatan Karangrejo Kabupaten Tulungagung. Penelitian dilaksanakan dalam dua siklus, menggunakan instrumen berupa RKH, RKM, Lembar Observasi Guru, Lembar Observasi Anak, Hasil Penilaian Anak dan Pedoman Pengembangan Penilaian Anak.
Kesimpulan hasil penelitian ini adalah kegiatan pembelajaran melalui media robot bertelur dapat mengembangkan kemampuan kognitif dalam berhitung pada anak kelompok A TK Dharma Wanita Desa Sukowidodo Kecamatan Karangrejo Kabupaten Tulungagung, sehingga hipotesis dalam penelitian ini diterima.