MENINGKATKAN KEMAMPUAN DALAM MENGURUTKAN ANGKA 1-20 MELALUI PENGGUNAAN MEDIA BALOK ANGKA PADA ANAK KELOMPOK B TK PKK II PAMONGAN KECAMATAN MOJO KABUPATEN KEDIRI TAHUN AJARAN 2014/2015


Author (Penulis)

SUPARTIN
Universitas Nusantara PGRI Kediri

Author Identity (NPM)

11.1.01.11.0210

Abstract

ABSTRAK SUPARTIN: Meningkatkan Kemampuan Dalam Mengurutkan Angka 1-20 Melalui Media Balok Angka Pada Anak Kelompok B TK PKK II Pamongan Kecamatan Mojo Kabupaten Kediri Tahun Ajaran 2014/2015, PTK Skripsi, PG PAUD, FKIP Kediri 2015 Kata Kunci: Mengurutkan angka 1-20, Media balok angka Penelitian ini didasari berdasarkan observasi awal yang dilakukan peneltiti di TK PKK II pamongan Kecamatan Mojo Kabupaten Kediri, bahwa kemampuan mengenal urutan angka 1-20 pada anak kelompok B TK PKK II Pamongan masih belum berkembang dengan baik. Untuk itu, peneliti berkeinginan untuk meningkatkan kemampuan dalammengurutkan angka 1-20 melalui media balok angka, dengan mengadakan penelitian tindakan kelas dengan judul “Meningkatkan Kemampuan dalam Mengurutkan Angka 1-20 Melalui Media Balok Angka Pada Anak Kelompok B TK PKK II Pamongan Kecamatan Mojo Kabupaten Kediri Tahun Ajaran 2014/2015”. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui ada tidaknya peningkatan kemampuan mengenal urutan angka 1-20 pada anak kelompok B TK PKK II Pamongan Kecamatan Mojo Kabupaten Kediri setelah dilakukan tindakan perbaikan melalui media balok angka. Subyek dalam penelitian ini adalah anak kelompok B TK PKK Pamongan II Kecamatan Mojo Kabupaten Kediri yang berjumlah 20 anak didik. Desain penelitian yang digunakan dalam penelitian ini mengacu pada model Kemmis dan Taggart, dilaksanakan dalam tiga siklus yang masing-masing siklus terdiri dari empat tahapan yaitu perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, refleksi. Adapun metode pengumpulan data menggunakan instrument unjuk kerja. Hasil dari penelitian yang diperoleh pada tindakan siklus I ketuntasan belajar anak masih mencapai 55% dari semua anak didik, kemudian pada tindakan siklus II ketuntasan belajar anak meningkat menjadi 70%, dan pada tindakan siklus III ketuntasan belajar anak meningkat menjadi 85%, berdasarkan perolehan tersebut dapat diketahui bahwa terdapat peningkatan kemampuan mengurutkan angka 1-20 pada anak kelompok B TKK PKK II Pamongan Kecamatan Mojo Kabupaten Kediri mulai dari tindakan siklus I sampai dengan tindakan siklus III. Kesimpulan dalam penelitian ini adalah melalui media balok angka dapat meningkatkan kemampuan dalam mengurutkan angka angka 1-20 pada anak kelompok B TK PKK II Pamongan Kecamatan Mojo Kabupaten Kediri tahun ajaran 2014/2015. Saran dalam penelitian ini adalah: (1) Diharapkan bagi guru Taman Kanak-kanak dapat menggunakan media balok angka dalam meningkatkan kemampuan mengenal urutan angka 1-20, karena melalui media ini tebukti dapat meningkatkan kemampuan mengurutkan angka 1-20. (2) Bagi kepala sekolah dimohon berkenan untuk menyediakan media pembelajaran yang lengkap, sehingga pelaksanaan kegiatan pembelajaran dapat berjelan dengan baik.

Keyword

a

Reference


PUBLISHED

2015-12-26

JOURNAL

Simki-Pedagogia

ISSN

2599-073X

ISSUE


Download PDF

Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat UN PGRI Kediri.

Jl. KH. Ahmad Dahlan 76 Mojoroto Kota Kediri

Designed by BootstrapMade
LPPM Server - Powered by BSI