MENGEMBANGKAN KEMAMPUANMOTORIK HALUS MELALUI KEGIATAN MENCAP DENGAN JARI PADA ANAK KELOMPOK A RA KUSUMA MULIA KOPEN KECAMATAN MOJO KABUPATEN KEDIRI TAHUN AJARAN 2014/2015


Author (Penulis)

NURUL HASANAH
Universitas Nusantara PGRI Kediri

Author Identity (NPM)

11.1.01.11.0208

Abstract

ABSTRAK NURUL HASANAH: Mengembangkan Kemampuan Motorik Halus Melalui Kegiatan Mencap Dengan Jari Pada Anak Kelompok A RA Kusuma Mulia Kopen Kecamatan Mojo Kabupaten Kediri Tahun Ajaran 2014/2015, PTK Skripsi, PG PAUD, FKIP Kediri 2015 Kata Kunci: Motorik halus, stempel bergambar buah Penelitian ini dilatar belakangi berdasarkan hasil observasi awal yang dilakukan peneliti di RA Kusuma Mulia Kopen Kecamatan Mojo Kabupaten Kediri. Berdasarkan observasi tersebut diketahui bahwa kemampuan anak motorik halus anak kelompok A masih sangat rendah. Untuk itu, peneliti termotivasi untuk mengadakan penelitian dengan judul “Mengembangkan Kemampuan Motorik Halus Melalui Kegiatan Mencap Dengan Jari Pada Anak Kelompok A RA Kusuma Mulia Kopen Kecamatan Mojo Kabupaten Kediri Tahun Ajaran 2014/2015”. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui ada tidaknya peningkatan kemampuan motorik halus pada anak kelompok A RA Kusuma Mulia Kopen Kecamatan Mojo Kabupaten Kediri sebelum dan sesudah dilakukan tindakan perbaikan melalui kegiatan mencap dengan jari. Subyek dalam penelitian ini adalah anak kelompok A RA Kusuma Mulia Kopen Kecamatan Mojo Kabupaten Kediri yang berjumlah 15 anak. Penelitian ini dilaksanakan dalam tiga siklus yang masing-masing siklus terdiri dari empat tahapan yaitu perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, refleksi. Adapun metode pengumpulan data menggunakan instrument hasil karya. Hasil perolehan pada siklus I menunjukan bahwa ketuntasan belajar anak masih mencapai 53%. Ketuntasan belajar pada siklus I belum sesuai harapan. Oleh karena itu, perlu adanya perbaikan pada siklus II. Hasil perolehan dari siklus II menunjukkan bahwa terdapat peningkatan ketuntasan belajar anak. Akan tetapi, ketuntasan belajar tersebut masih mencapai 67%. Dan Hasil perolehan siklus III menunjukkan bahwa prosentase ketuntasan belajar anak meningkat sangat baik mencapai 87%. Kesimpulan dalam penelitian ini adalah melalui kegiatan mencap dengan jari dapat mengembangkan kemampuan motorik halus pada anak kelompok A RA Kusuma Mulia Kopen Kecamatan Mojo Kabupaten Kediri tahun ajaran 2014/2015. Berdasarkan simpulan hasil penelitian, direkomendasikan: (1) Guru Pendidikan Taman Kanak-kanak hendaknya dapat menerapkan kegiatan mencap dengan jari sebagai upaya dalam mengembangkan kemampuan motorik halus anak. (2) Hendaknya orangtua menyediakan berbagai alat atau media seperti bantalan stempel, kertas, maupun pola gambar, serta mau mengaji anaknya melakukan kegiatan mencap dengan jari di rumah.

Keyword

a

Reference


PUBLISHED

2015-12-26

JOURNAL

Simki-Pedagogia

ISSN

2599-073X

ISSUE


Download PDF

Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat UN PGRI Kediri.

Jl. KH. Ahmad Dahlan 76 Mojoroto Kota Kediri

Designed by BootstrapMade
LPPM Server - Powered by BSI