MENGEMBANGKAN KEMAMPUAN MEMBILANG 1-10 MELALUI METODE BERMAIN MENGGUNAKAN KARTU ANGKA PADA ANAK KELOMPOK A. TK SARIDEWI DUSUN WONOSARI DESA BUJEL KECAMATAN MOJOROTO KOTA KEDIRI


Author (Penulis)

MURTINI
Universitas Nusantara PGRI Kediri

Author Identity (NPM)

11.1.01.11.0205

Abstract

Penelitian ini dilator belakangi hasil pengamatan dan pengalaman peneliti, bahwa kemampuan membilang 1-10 melalui metode bermain menggunakan kartu angka masih kurang. Akibatnya kegiatan anak mebilang 1-10 melalui metode bermain menggunakan kartu angka mencapai hasil kurang maksimal. Hal tersebut tampak dari motivasi belajar anak yang rendah, yang pada akhirnya hasil belajarnya pun rendah. Permasalahan peneliti adalah Apakah melalui kegiatan membilang 1-10 menggunakan metode kartu angka dapat meningkatkan kemampuan membilang anak kelompok A TK Sari Dewi?. Penelitian ini menggunakan pendekatan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan subyek penelitian anak Kelompok A TK Sari Dewi. Penelitian dilaksanakan dalam tiga siklus yaitu Siklus I, Siklus II, Siklus III. Yang masing-masing siklus terdiri dari 4 tahap yaitu Perencanaan, Pelaksanaan, Pengamatan, dan Refleksi. Adapun metode pengumpulan data meliputi, observasi dan unjuk kerja. Kesimpulan hasil penelitian ini adalah pada pra tindakan dari nilai ketuntasan 25% menjadi 32% pada siklus II menjadi 73% dan terakhir siklus III naik menjadi 84% dengan kata lain bahwa nilai ketuntasan pada upaya mengembangkan kemampuan membilang angka 1-10 melalui permain kartu angka pada Kelompok A TK Sari Dewi dapat tercapai dengan hasil yang memuaskan dengan pencapaian prosentase ketuntasan sebesar 84%. Berdasarkan simpulan hasil penelitian ini, di rekomendasikan (1) bahwa penerapan permainan kartu angka pada anak Kelompok A TK Sari Dewi dapat mengembangkan kemampuan membilang angka 1-10 oleh sebab itu, guru sebagai pelaksana pembelajaran harus mengutamakan proses yang mendukung terciptanya suasana kerjasama. (2) guru masih perlu meneliti terus menerus, untuk membuktikan apakah pembelajaran dapat menarik anak, sehingga anak termotivasi dan ingin mencoba permainan tersebut.

Keyword

a

Reference


PUBLISHED

2016-01-03

JOURNAL

Simki-Pedagogia

ISSN

2599-073X

ISSUE


Download PDF

Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat UN PGRI Kediri.

Jl. KH. Ahmad Dahlan 76 Mojoroto Kota Kediri

Designed by BootstrapMade
LPPM Server - Powered by BSI