MENINGKATKAN KEMAMPUAN KOGNITIF DALAM MENGURUTKAN ANGKA 1-20 DENGAN METODE BERMAIN MENCARI NOMOR KURSI PADA ANAK KELOMPOK B DI PAUD SEKAR PAGUNG KECAMATAN SEMEN KABUPATEN KEDIRI


Author (Penulis)

MOH. SULKAN SOFI
Universitas Nusantara PGRI Kediri

Author Identity (NPM)

11.1.01.11.0203

Abstract

Penelitian ini dilator belakangi hasil pengamatan dan pengalaman peneliti, bahwa kemampuan membilang 1-20 melalui metode bermain Mencari Nomor Kursi. Akibatnya kegiatan anak Mengurutkan Angka 1-20 melalui metode bermain Mencari Nomor Kursi. Hal tersebut tampak dari motivasi belajar anak yang rendah, yang pada akhirnya hasil belajarnya pun rendah. Permasalahan peneliti adalah Apakah melalui kegiatan Mengurutkan Angka 1-20 Mencari Nomor Kursi dapat meningkatkan kemampuan Mengurutkan Angka pada anak kelompok B PAUD Sekar Pagung?. Penelitian ini menggunakan pendekatan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan subyek penelitian anak Kelompok B PAUD Sekar Pagung. Penelitian dilaksanakan dalam tiga siklus yaitu Siklus I, Siklus II, Siklus III. Yang masing-masing siklus terdiri dari 4 tahap yaitu Perencanaan, Pelaksanaan, Pengamatan, dan Refleksi. Adapun metode pengumpulan data meliputi, observasi dan unjuk kerja. Berdasarkan hasil penelitian yang telah dilaksanakan diketahui bahwa terdapat peningkatan kemampuan dalam kegiatan mengurutkan angka 1-20 dengan media kursi angka mulai dari siklus I sampai siklus III. Hal ini tampak pada jumlah anak yang mencapai ketuntasan dimana siklus I dari 25% menjadi 30%, siklus II menjadi 67% pada siklus III 86%, dan dikategorikan sudah tuntas. Dengan adanya peningkatan dalam mengurutkan angka 1-20 dengan media kursi angka disimpulkan bahwa penelitian berhasil dengan baik, sehingga hipotesis tindakan dalam penelitian ini dapat diterima.

Keyword

a

Reference


PUBLISHED

2015-12-29

JOURNAL

Simki-Pedagogia

ISSN

2599-073X

ISSUE


Download PDF

Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat UN PGRI Kediri.

Jl. KH. Ahmad Dahlan 76 Mojoroto Kota Kediri

Designed by BootstrapMade
LPPM Server - Powered by BSI