MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERHITUNG ANGKA 1 – 10 MELALUI PERMAINAN ULAT ANGKA PADA ANAK KELOMPOK A TK BUDI UTOMO DESA KALIPANG KECAMATAN GROGOL KABUPATEN KEDIRI TAHUN AJARAN 2014 / 2015


Author (Penulis)

MASRUROH
Universitas Nusantara PGRI Kediri

Author Identity (NPM)

11.1.01.11.0202

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi hasil pengamatan dan pengalaman peneliti, bahwa kemampuan berhitung angka 1-10 masih didominasi oleh peran guru, akibatnya suasana kelas monoton, pasif dan membosankan. Hal tersebut nampak dari hasil kemampuan berhitung angka 1-10 pada anak kelompok A TK BUDI UTOMODesa Kalipang Kecamatan Grogol Kabupaten Kediri yang masih rendah. Permasalahan peneliti adalah (1) Apakah melalui permainan ulat angka dapat meningkatkan kemampuan berhitung angka 1-10 pada anak kelompok A TK BUDI UTOMO. Penelitian ini menggunakan pendekatan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan subyek penelitian anak kelompok A TK BUDI UTOMO. Penelitian ini dilaksanakan dalam 3 siklus yang masing-masing siklus terdiri dari empat tahap yaitu perencanaan, pelaksanaan, pengamatan dan refleksi. Adapun metode pengumpulan data meliputi observasi dan hasil karya. Kesimpulan hasil penelitian ini adalah pada pra tindakan dari nilai ketuntasan 25% naik menjadi 30%, pada siklus II naik menjadi 55% dan terkahir siklus III naik menjadi 85% dengan kata lain bahwa nilai ketuntasan pada upaya meningkatkan kemampuan berhitung angka 1-10 melalui permainan ulat angka pada kelompok A TK BUDI UTOMO dapat tercapai dengan hasil yang memuaskan dengan pencapaian prosentase ketuntasan sebesar 85%. Berdasarkan simpulan hasil penelitian ini, direkomendasikan (1) Bahwa penerapan permainan ulat angka pada anak kelompok A TK BUDI UTOMO dapat meningkatkan kemampuan berhitung angka 1-10. Oleh sebab itu guru sebagai pelaksana pembelajaran harus mengutamakan proses yang mendukung tercipta suasana kerjasama. (2) Guru masih perlu meneliti terus menerus, untuk membuktikan apakah pembelajaran dapat menarik anak, sehingga rasanya tahu dan ingin mencoba pada anak dapat tertantang.

Keyword

a

Reference


PUBLISHED

2015-12-29

JOURNAL

Simki-Pedagogia

ISSN

2599-073X

ISSUE


Download PDF

Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat UN PGRI Kediri.

Jl. KH. Ahmad Dahlan 76 Mojoroto Kota Kediri

Designed by BootstrapMade
LPPM Server - Powered by BSI