MENGEMBANGKAN KEMAMPUAN MOTORIK HALUS MELALUI KEGIATAN MEMBATIK DENGAN MEDIA LILIN PADA ANAK KELOMPOK A TK DHARMA WANITA MANYARAN II MANYARAN KECAMATAN BANYAKAN KABUPATEN KEDIRI
Author (Penulis)
MASRIKIN
Universitas Nusantara PGRI Kediri
Author Identity (NPM)
11.1.01.11.0201
Abstract
Penelitian ini dilatar belakangi hasil pengamatan dan pengalaman peneliti, bahwa pembelajaran motorik halus anak kelompok A TK Dharma Wanita Manyaran II Manyaran Kecamatan Banyakan Kabupaten Kediri masih belum berkembang. Hal ini didominasi oleh peran guru yang kurang memotivasi anak didik. Sehingga hasil belajar anak belum maksimal dan masih rendah.
Permasalahan penelitian ini adalah apakah penerapan pembelajaran kegiatan membatik dengan media lilin dapat meningkatkan kemampuan motorik halus anak didik kelompok A TK Dharma Wanita Manyaran II Manyaran Kecamatan Banyakan Kabupaten Kediri?
Penelitian ini menggunakan pendekatan penelitian tindakan kelas (PTK) dengan subyek penelitian anak kelompok A TK Dharma Wanita Manyaran II Manyaran Kecamatan Banyakan Kabupaten Kediri. Penelitian dilaksanakan dalam 3 siklus, menggunakan instrumen berupa RKM, RKH. Hasil Penelitian kegiatan belajar anak.
Kesimpulan hasil penelitian ini adalah melalui siklus tindakan pembelajaran dapat ditemukan langkah-langkah yang efektif. Penerapan pembelajaran mengembangkan motorik halus melalui kegiatan membatik dengan media lilin terbukti dapat meningkatkan motivasi dan dapat meningkatkan hasil belajar anak didik.
Berdasarkan simpulan hasil penelitian ini, direkomendasikan (1) Bahwa penerapan kegiatan membatik dengan media lilin dapat mengembangkan kemampuan motorik halus anak kelompok A TK Dharma Wanita Manyaran II Manyaran. Oleh sebab itu guru sebagai pelaksana pembelajaran harus mengutamakan proses yang mendukung tercipta suasana kerjasama. (2) Guru masih perlu meneliti terus menerus, untuk membuktikan apakah pembelajaran dapat menarik anak, sehingga rasa tahu dan ingin mencoba pada anak dapat tertantang.