MENINGKATKAN KEMAMPUAN MOTORIK HALUS MELALUI KEGIATAN MELIPAT SENI ORIGAMI PADA ANAK KELOMPOK B TK WAHIDIYAH II DESA KEDAWUNG KECAMATAN MOJO KABUPATEN KEDIRI


Author (Penulis)

ITA MAHFIROTUL HIDAYAH
Universitas Nusantara PGRI Kediri

Author Identity (NPM)

11.1.01.11.0198

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi berdasarkan hasil observasi awal yang dilakukan peneliti di TK Wahidiyah II Desa Kedawung Kecamatan Mojo Kabupaten Kediri. Berdasarkan observasi awal tersebut diketahui bahwa kemampuan anak motorik halus anak kelompok B TK Wahidiyah II Desa Kedawung Kecamatan Mojo Kabupaten Kediri masih relatif rendah. Untuk itu, peneliti berupaya meningkatkan kemampuan motorik halus melalui kegiatan melipat seni origami. Subyek dalam penelitian ini adalah anak kelompok B TK Wahidiyah II Desa Kedawung Kecamatan Mojo Kabupaten Kediri yang berjumlah 18 anak. Penelitian ini dilaksanakan dalam tiga siklus yang masing-masing siklus terdiri dari empat tahapan yaitu perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, refleksi. Adapun metode pengumpulan data menggunakan instrument hasil karya. Hasil dari penelitian yang telah dilakukan, dapat diketahui bahwa pada tindakan siklus I ketuntasan belajar anak masih mencapai 50%, kemudian setelah dilakukan tindakan perbaikan pada siklus II, ketuntasan belajar anak meningkat menjadi 55%. dan pada tindakan siklus III ketuntasan belajar anak meningkat menjadi 77%. Dengan demikian, berdasarkan data hasil prosentase ketuntasan dapat diketahui bahwa terdapat peningkatan perolehan nilai kemampuan motorik halus anak setelah dilakukan tindakan perbaikan melalui kegiatan melipat seni origami. Berdasarkan hasil penelitian yang telah dilakukan, dapat disimpulkan bahwa melalui kegiatan melipat seni origami dapat meningkatkan kemampuan motorik halus pada anak kelompok B TK Wahidiyah II Desa Kedawung Kecamatan Mojo Kabupaten Kediri, sehingga hipotesis dalam penelitian ini, diterima. Adapun saran dalam penelitian ini adalah (1) Hendaknya guru taman kanak-kanak dapat menerapkan kegiatan melipat seni origami dalam meningkatkan kemampuan motorik halus anak. (2) Orangtua hendaknya dapat menyediakan media atau bahan-bahan yang dapat digunakan anak melakukan kegiatan melipat seni origami di rumah.

Keyword

a

Reference


PUBLISHED

2015-12-29

JOURNAL

Simki-Pedagogia

ISSN

2599-073X

ISSUE


Download PDF

Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat UN PGRI Kediri.

Jl. KH. Ahmad Dahlan 76 Mojoroto Kota Kediri

Designed by BootstrapMade
LPPM Server - Powered by BSI