MENGEMBANGKAN KEMAMPUAN MENGENAL KONSEP ANGKA 1-10 MELALUI PENGGUNAAN MEDIA KOTAK AJAIB PADA ANAK KELOMPOK A TK PERDANA DESA TIRON KECAMATAN BANYAKAN KABUPATEN KEDIRI


Author (Penulis)

IKE ERNA SURYAWATI
Universitas Nusantara PGRI Kediri

Author Identity (NPM)

11.1.01.11.0196

Abstract

Penelitian ini didasari berdasarkan temuan peneliti pada saat melakukan pengamatan pada anak didik kelompok A TK Perdana Desa Tiron Kecamatan Banyakan Kabupaten Kediri. Berdasarkan pengamatan tersebut, diketahui bahwa kemampuan anak dalam mengenal konsep angka 1-10 masih tergolong rendah. Untuk itu, peneliti termotivasi untuk mengadakan perbaikan kegiatan belajar melalui media kotak ajaib sebagai upaya mengembangkan kemampuan anak dalam mengenal konsep angka 1-10. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui ada tidaknya peningkatan kemampuan mengenal konsep angka 1-10 pada anak kelompok A TK Perdana Desa Tiron Kecamatan Banyakan Kabupaten Kediri setelah dilakukan tindakan perbaikan melalui media kotak ajaib. Penelitian ini dilaksanakan dalam tiga siklus yang masing-masing siklus terdiri dari empat tahapan yaitu perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, refleksi. Adapun metode pengumpulan data menggunakan instrument unjuk kerja. Hasil dari kegiatan perbaikan pada tindakan siklus I dapat diketahui bahwa prosentase ketuntasan belajar anak masih mencapai 57%, kemudian pada tindakan siklus II ketuntasan belajar anak mencapai 72%, dan pada tindakan siklus III ketuntasan belajar anak meningkat mencapai 89%. Dengan demikian, kesimpulan dalam penelitian ini adalah melalui media kotak ajaib dapat mengembangkan kemampuan mengenal konsep angka 1-10 pada anak kelompok A TK Perdana Kecamatan Banyakan Kabupaten Kediri. Sehingga hipotesis penelitian ini, diterima. Adapun saran dalam penelitian ini adalah; (1) Guru TK Perdana diharapkan dapat menggunakan media kotak ajaib dalam mengembangkan kemampuan anak mengenal urutan angka 1-10. (2) Kepala sekolah TK Perdana dimohon berkenan menambah media pembelajaran yang lebih banyak, sehingga kegiatan pembelajaran dapat berjalan dengan baik.

Keyword

a

Reference


PUBLISHED

2015-12-29

JOURNAL

Simki-Pedagogia

ISSN

2599-073X

ISSUE


Download PDF

Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat UN PGRI Kediri.

Jl. KH. Ahmad Dahlan 76 Mojoroto Kota Kediri

Designed by BootstrapMade
LPPM Server - Powered by BSI