MENGEMBANGKAN KEMAMPUAN MEMBACA MELALUI MEDIA KARTU KATA PADA ANAK KELOMPOK A TK PERDANA KECAMATAN BANYAKAN KABUPATEN KEDIRI


Author (Penulis)

EVI TRISULA KARTIKA WULANDARI
Universitas Nusantara PGRI Kediri

Author Identity (NPM)

11.1.01.11.0195

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakngi hasil observasi yang dilakukan peneliti, bahwa kemampuan membaca anak kelompok A TK Perdanan Kecamatan Banyakan Kabupaten Kediri masih tergolong rendah. Untuk itu peneliti termotivasi untuk melakukan penelitian sebagai upaya mengembangkan kemampuan membaca dengan judul penelitian “Mengembangkan Kemampuan Membaca Melalui Media Kartu Kata Pada Anak Kelompok A TK Perdana Kecamatan Banyakan Kabupaten Kediri”. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui ada tidaknya peningkatan kemampuan kemampuan membaca pada anak kelompok A TK Perdana Kecamatan Banyakan Kabupaten Kediri setelah dilakukan tindakan melalui media kartu kata. Subyek dalam penelitian ini adalah anak kelompok A TK Perdana Kecamatan Banyakan Kabupaten Kediri sebanyak 18 anak didik. Penelitian ini dilaksanakan dalam tiga siklus yang masing-masing siklus terdiri dari empat tahapan yaitu perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, refleksi. Adapun metode pengumpulan data menggunakan instrument unjuk kerja. Berdasarkan hasil penelitian yang telah dilakukan, dapat diketahui perolehan nilai anak dimana pada kegiatan siklus I ketuntasan belajar anak masih mencapai 56%, kemudian setelah dilakukan perbaikan pada tindakan siklus II ketuntasan belajar anak sedikit meningkat manjadi 72%, dan pada tindakan perbaikan siklus III ketuntasan belajar anak meningkat menjadi lebih baik dengan prosentase ketuntasan belajar anak telah mencapai 83%. Berdasarkan hasil penelitian yang telah dilakukan, kesimpulan dalam penelitian ini adalah melalui media kartu kata dapat mengembangkan kemampuan membaca pada anak kelompok A TK Perdana Kecamatan Banyakan Kabupaten Kediri. Sehingga hipotesis dalam penelitian ini, diterima. Berdasarkan kesimpulan penelitian tersebut, saran dalam penelitian ini adalah (1) Guru TK Perdana Kecamatan banyakan hendaknya dapat menggunakan media kartu kata dalam mengembangkan kemampuan membaca anak didik. (2) Kepala TK Perdana dimohon berkenan menambah media kartu kata, agar kegiatan pembelajaran dalam mengembangkan kemampuan membaca dapat berjalan dengan baik.

Keyword

a

Reference


PUBLISHED

2015-12-29

JOURNAL

Simki-Pedagogia

ISSN

2599-073X

ISSUE


Download PDF

Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat UN PGRI Kediri.

Jl. KH. Ahmad Dahlan 76 Mojoroto Kota Kediri

Designed by BootstrapMade
LPPM Server - Powered by BSI