MENINGKATKAN KEMAMPUAN PERMULAAN MEMBACA MELALUI METODE MIND MAPPING PADA ANAK KELOMPOK B PAUD STRAWBERRY KECAMATAN PARE KABUPATEN KEDIRI TAHUN PELAJARAN 2014/ 2015


Author (Penulis)

VIVA LUTHFIYANA
Universitas Nusantara PGRI Kediri

Author Identity (NPM)

11.1.01.11.0190

Abstract

VIVA LUTHFIYANA : Meningkatkan Kemampuan Permulaan Membaca Melalui Metode Mind Mapping Pada Anak Kelompok B Paud Strawberry Kecamatan Pare Kabupaten Kediri, Tahun Pelajaran 2014/ 2015, Skripsi, PG – PAUD, FKIP UNP Kediri, 2015. Penelitian ini dilatar belakangi hasil pengamatan dan pengalaman penelitian bahwa kemampuan permulaan membaca anak masih di kurang, akibatnya suasana membaca pada anak kelompok B PAUD Strawberry kecamatan Pare Kabupaten Kediri masih rendah. Permasalahan penelitian ini adalah “Apakah penerapan metode mind mapping dalam pembelajaran dapat meningkatkan kemampuan permulaan membaca pada anak Kelomok B PAUD Strawberry Kecamatan Pare Kabupaten Kediri Tahun Pelajaran 2014/ 2015?”. Penelitian ini menggunakan penelitian tindakan kelas (PTK) dengan subjek penelitian anak kelompok B PAUD Strawberry Kecamatan Pare Kabupaten Kediri Tahun Pelajaran 2014/ 2015 dan dilaksanakan dalam 3 siklus. Tujuan utama dari penelitian ini adalah untuk meningkatkan kemampuan permulaan membaca Anak Usia Dini melalui kegiatan mind mapping. Dari hasil pengamatan dan analisis serta perbaikan pembelajaran diketahui bahwa kegiatan membaca anak meningkat. Hal ini dapat dilihat dari hasil Siklus I mencapai 22,2% dikategorikan belum tuntas, Siklus II mencapai 58,8% belum tuntas, Siklus III mencapai 77,8% dan di kategorikan tuntas, sehingga dapat dikatakan bahwa hipotesis tindakan ini dapat diterima. Kesimpulan dari tindakan ini adalah Pemaparan metode mind mapping dalam pembelajaran dapat meningkatkan kemampuan permulaan membaca anak kelompok B PAUD Strawberry Kecamatan Pare Kabupaten Kediri Tahun Pelajaran 2014/ 2015. Saran dari tindakan ini untuk guru adalah pengembangan kemampuan permulaan membaca, apa yang sudah peneliti lakukan bisa dijadikan pilihan tindakan untuk guru selanjutnya.

Keyword

a

Reference


PUBLISHED

2016-04-07

JOURNAL

Simki-Pedagogia

ISSN

2599-073X

ISSUE


Download PDF

Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat UN PGRI Kediri.

Jl. KH. Ahmad Dahlan 76 Mojoroto Kota Kediri

Designed by BootstrapMade
LPPM Server - Powered by BSI