MENINGKATKAN KEMAMPUAN MENGENAL BILANGAN 1-10 MELALUI PERMAINAN BOWLING PADA ANAK KELOMPOK A TK GOTONG ROYONG DESA KARANGTALUN KECAMATAN KRAS KABUPATEN KEDIRI
Author (Penulis)
SITI MIFTAHUR ROHMAH
Universitas Nusantara PGRI Kediri
Author Identity (NPM)
11.1.01.11.0183
Abstract
Penelitian ini dilatarbelakangi hasil pengamatan dan pengalaman peneliti, bahwa pembelajaran mengenal bilangan 1-10 masih rendah. Akibatnya anak-anak merasa bosan bila melakukan kegiatan mengenal bilangan 1-10. Hal tersebut Nampak dari motivasi belajar siswa yang masih rendah, dan pada akhirnya hasil belajarnya pun juga rendah.
Permasalahan pada penelitian ini adalah: (1) bagaimana guru menggunakan media permainan bowling untuk meningkatkan kemampuan mengenal bilangan 1-10 pada anak?. (2) Apakah kemampuan mengenal bilangan 1-10 pada anak dapat ditingkatkan dengan menggunakan media permainan bowling?.
Penelitian ini menggunakan pendekatan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan subyek penelitian siswa TK Gotong Royong Desa Karangtalun Kecamatan Kras Kabupaten Kediri, observasi aktivitas siswa, lembar observasi aktivitas guru, unjuk kerja dan tes hasil belajar siswa.
Kesimpulan hasil penelitian ini adalah (1) melalui siklus tindakan, pembelajaran dapat ditemukan langkah-langkah yang efektif dalam penerapan media permainan bowling untuk meningkatkan motivasi dan hasil belajar siswa. (2) melalui siklus tindakan, penerapan media permainan bowling terbukti dapat meningkatkan kemampuan mengenal bilangan 1-10 pada anak.
Berdasarkan rumusan masalah, rumusan hipotesis, dan hasil-hasil pengujian selanjutnya disimpulkan bahwa: pemaparan media permainan bowling dalam proses pembelajaran dapat meningkatkan kemampuan mengenal bilangan 1-10 pada anak kelompok A TK Gotong Royong Desa Karangtalun Kecamatan Kras Kabupaten Kediri. Dan juga direkomendasikan bagi guru TK dalam pengembangan kemampuan mengenal bilangan 1-10, apa yang sudah peneliti lakukan bisa dijadikan pilihan tindakan.