MENINGKATKAN KEMAMPUAN MENGENAL ANGKA 1-10 MENGGUNAKAN MEDIA MENARA PUTAR PADA ANAK KELOMPOK A TK DHARMA WANITA KRAS KECAMATAN KRAS KABUPATEN KEDIRI


Author (Penulis)

KHOMARIYAH
Universitas Nusantara PGRI Kediri

Author Identity (NPM)

11.1.01.11.0170

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi oleh rendahnya kemampuan kognitif anak dalam mengenal angka 1-10, sehingga hasil belajar kognitif (mengenal angka 1-10) anak tidak sesuai dengan harapan atau tergolong dalam kategori kurang. Rumusan Permasalahan yang diangkat dalam penelitian ini adalah Apakah penggunaan media menara putar dapat meningkatkan kemampuan penguasaan konsep mengenal bilangan 1-10 pada anak Kelompok A TK Dharma Wanita Kras Kecamatan Kras Kabupaten Kediri Tahun Pelajaran 2014/2015? Tujuan dari penelitian ini adalah : (1) Memperoleh data tentang Kemampuan Mengenal Angka 1-10 Menggunakan Media Menara Putar sebelum dilakukan tindakan. (2) Melakukan tindakan berupa penerapan Media Menara Putar dalam pembelajaran sebagai upaya meningkatkan Kemampuan Mengenal Angka 1-10 (3) Mengumpulkan data tentang kemampuan Mengenal Angka 1-10 sesudah dilakukan tindakan. (4) Mengetahui ada tidaknya perbedaan kemampuan Mengenal Angka 1-10 pada anak antara waktu sebelum dan sesudah dilakukan tindakan. Metode yang diterapkan dalam penelitian ini yaitu pendekatan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan subjek anak kelompok A TK Dharma Wanita Kras Kecamatan Kras Kabupaten Kediri. Penelitian dilaksanakan dalam tiga siklus, menggunakan instrumen berupa RKM, RKH, lembar observasi aktivitas guru, Penilaian hasil tes anak. Hasil penelitian pada siklus I penilaian anak dalam kegiatan pembelajaran mengenal angka 1-10 dikategorikan belum tuntas dengan prosentase 43,35%, pada siklus II penilaian anak dalam kegiatan pembelajaran mengenal angka 1-10 dikategorikan belum tuntas dengan prosentase 66,65%, dan pada siklus III penilaian anak dalam kegiatan pembelajaran mengenal angka 1-10 dikategorikan tuntas dengan prosentase 86,7%. Jadi dapat disimpulkan bahwa Tindakan pembelajaran melalui media menara putar dapat meningkatkan Kemampuan mengenal konsep angka 1-10 pada anak Kelompok A TK Dharma Wanita Kras Kecamatan Kras Kabupaten Kediri. Saran yang dapat peneliti ajukan bagi guru TK diharapkan memberikan perhatian yang lebih dalam pengembangan mengenal angka 1-10 terhadap anak didik yang masih belum mampu mandiri. Dan bagi Kepala TK dapat dijadikan acuan untuk menetapkan kebijakan dalam pengadaan media pembelajaran salah satunya media menara putar sebagai media untuk meningkatkan kemampuan kognitif anak dalam mengenal konsep angka 1-10.

Keyword

a

Reference


PUBLISHED

2016-03-01

JOURNAL

Simki-Pedagogia

ISSN

2599-073X

ISSUE


Download PDF

Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat UN PGRI Kediri.

Jl. KH. Ahmad Dahlan 76 Mojoroto Kota Kediri

Designed by BootstrapMade
LPPM Server - Powered by BSI