MENINGKATKAN KEMAMPUAN ME NGENAL GEOMETRI MELALUI MEDIA RODA PUTAR UNTUK USIA 4-5 TAHUN/ KELOMPOK A PAUD ZAM-ZAM DESA JAJAR KECAMATAN WATES KABUPATEN KEDIRI TAHUN AJARAN 2014-2015
Author (Penulis)
KHABIBATUN NI\'MAH
Universitas Nusantara PGRI Kediri
Author Identity (NPM)
11.1.01.11.0169
Abstract
Penelitian ini dilator belakangi hasil pengamatan dan pengalaman peneliti, bahwa pembelajaran tentang geometri pada program Kelompok A masih diterapkan dengan metode dan penggunaan media yang kurang menarik. Akibatnya proses pembelajaran berlangsung kurang optimal. Hal tersebut Nampak dari motivasi belajar anak rendah sehingga hasil belajarpun juga rendah.
Permasalahan penelitian ini adalah apakah penggunaan media Roda Putar dapat meningkatkan kemampuan mengenal geometri pada anak Kelompok A PAUD Zam-Zam Desa Jajar?
Penelitian ini menggunakan pendekatan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan subjek penelitian siswa Kelompok A PAUD Zam-Zam Desa Jajar Kecamatan Wates Kabupaten Kediri. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah penggunaan media Roda Putar dapat meningkatkan kemampuan mengenal geometri pada anak Kelompok A PAUD Zam-Zam Desa Jajar. Penelitian dilaksanakan dalam tiga siklus, menggunakan instrument berupa RKM, RKH, media Roda Putar, lembar observasi pembelajaran, dan table penilaian hasil belajar anak.
Kesimpulan hasil penelitian ini adalah: (1) Penggunaan media Roda Putar dalam pembelajaran dapat meningkatkan kemampuan mengenal geometri pada anak, (2) Dengan menggunakan media Roda Putar, anak lebih senang dan lebih aktif dalam kegiatan pembelajaran.