MENINGKATKAN KEMAMPUAN MENGENAL BILANGAN 1-10 MELALUI MEDIA KUBUS MULTI FUNGSI PADA ANAK KELOMPOK A TK IT BINA INSANI NGASEM KABUPATEN KEDIRI


Author (Penulis)

IRNA RUSSANA AISIYAH
Universitas Nusantara PGRI Kediri

Author Identity (NPM)

11.1.01.11.0167

Abstract

Penelitian ini dilakukan berdasarkan masalah yang berkaitan dengan kemampuan mengenal bilangan 1-10 anak di kelompok A TK IT Bina Insani Ngasem seperti anak belum dapat menyebutkan lambang bilangan dengan benar, anak belum dapat menulis lambang bilangan, dan lain sebagainya. Permasalahan tersebut menuntut perlunya suatu solusi baik berupa pendekatan, media atau model pembelajaran untuk menanganinya. Pembelajaran yang dikembangkan adalah pembelajaran melalui media kubus multi fungsi. Hal tersebut menjadi alasan yang mendasari rumusan masalah yaitu : Apakah melalui penerapan media kubus multi fungsi dapat meningkatkan kemampuan mengenal bilangan 1-10 anak usia dini pada kelompok A di TK IT Bina Insani Kecamatan Ngasem Kabupaten Kediri Tahun 2014/2015?”. Tujuan penelitian ini adalah memperoleh gambaran melalui penerapan media kubus multi fungsi dalam meningkatkan kemampuan mengenal bilangan 1-10 anak kelompok A TK IT Bina Insani Mojoroto Kota Kediri. Penelitian ini menggunakan metode penelitian Tindakan Kelas pada anak kelompok A TK IT Bina Insani Ngasem Kabupaten Kediri sebanyak 10 anak didik. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini melalui observasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis data kualitatif Kondisi awal kemampuan mengenal bilangan 1-10 anak kelompok A di TK IT Bina Insani Kecamatan Ngasem Kabupaten Kediri masih belum terstimulasi secara maksimal, dengan persentase kategori kurang sebesar 71%, kategori cukup 19%, dan kategori berkembang baik 10%. Setelah penerapan media kubus multifungsi kemampuan mengenal bilangan 1-10 anak mengalami peningkatan yang cukup signifikan. Persentase kemampuan mengenal bilangan yang berada dalam kategori kurang sebesar 0%, kategori cukup sebesar 40%, dan berkembang baik sebesar 60%, sehingga hipotesis diterima.

Keyword

a

Reference


PUBLISHED

2016-03-23

JOURNAL

Simki-Pedagogia

ISSN

2599-073X

ISSUE


Download PDF

Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat UN PGRI Kediri.

Jl. KH. Ahmad Dahlan 76 Mojoroto Kota Kediri

Designed by BootstrapMade
LPPM Server - Powered by BSI