MENINGKATKAN KETERAMPILAN MOTORIK HALUS MELALUI KEGIATAN MEMBUAT GAMBAR DENGAN TEKNIK MOZAIK PADA ANAK KELOMPOK B TK GOTONG ROYONG DESA KARANGTALUN KECAMATAN KRAS KABUPATEN KEDIRI
Author (Penulis)
BINTI HIDAYATUL MU\'AZAROH
Universitas Nusantara PGRI Kediri
Author Identity (NPM)
11.1.01.11.0162
Abstract
Penelitian ini dilatar belakangi hasil pengamatan dan pengalaman peneliti, bahwa pembelajaran membuat gambar dengan teknik mozaik masih rendah. Akibatnya anak-nak kurang minat dalam kegiatan membuat gambar dan menganggap membuat gambar dengan teknik mozaik merupakan kegiatan yang sulit.
Permasalahan peneliti ini adalah (1) Bagaimana guru melakukan kegiatan menggambar dengan teknik mozaik untuk meningkatkan ketrampilan motorik halus anak? (2) Apakah melalui kegiatan membuat gambar dengan teknik mozaik dapat meningkatkan kemampuan motorik halus pada anak?
Peneliti ini menggunakan pendekatan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan subyek penelitian siswa TK Gotong Royong Karangtalun Kec. Kras Kab. Kediri. Observasi aktivitas siswa, lembar observasi aktivitasguru, kuesioner motivasi belajar dan tes hasil belajar siswa.
Kemampuan hasil peneliti ini adalah (1) melalui siklus tindakan pembelajaran dapat ditemukan langkah-langkah yang efektif penerapan teknik mozaik untuk meningkatkan ketrampilan motorik halus pada anak. (2) Melalui siklus tindakan penerapan teknik mozaik terbukti dapat meningkatkan kemampuan motorik halus pada anak.
Berdasarkan kesimpulan hasil penelitian ini, Tindakan pembelajaran melalui kegiatan membuat gambar dengan teknik mozaik dapat meningkatkan Kemampuan Motorik Halus pada anak Kelompok B TK Gotong Royong Desa Karangtalun Kecamatan Kras Kabupaten Kediri.