ABSTRAK TITIK SOELISTIANI: Meningkatkan Kemampuan Kognitif Dalam Penjumlahan Melalui Permainan Kereta Angka Pada Anak Kelompok B TK Batik Tulungagung, Skripsi, PG-PAUD, FKIP UNP Kediri, 2015 Kata kunci : kemampuan kognitif, penjumlahan. Tujuan dalam penelitian ini secara umum yaitu untuk meningkatkan kemampuan kognitif dalam penjumlahan pada anak Kelompok B TK Batik Tulungagung, secara khusus tujuan penelitian yaitu untuk meningkatkan kemampuan kognitif dalam penjumlahan melalui permainan “kereta angka” pada anak kelompok B TK Batik Tulungagung tahun pelajaran 2014/2015. Berdasarkan realita di lapangan menunjukkan bahwa dalam kemampuan kognitif dalam penjumlahan anak pada kelompok B TK Batik Tulungagung hasilnya masih sangat rendah, anak menganggap pembelajaran matematika dalam penjumlahan sangat sulit, ruang yang sempit kurang efektif untuk belajar, media pembelajaran berhitung kurang menarik dan bervariasi, metode dan model yang digunakan dalam kegiatan belajar dikelas belum efektif, anak merasa bosan dan takut pada pembelajaran berhitung serta kegiatan berhitung kurang diminati anak. Metode yang digunakan adalah analisis deskriptif kualitatif melalui permainan kereta angka, penelitian tindakan kelas dengan subjek penelitian kelas B yang berjumlah 16 anak, dengan laki-laki 5 anak dan 11 anak perempuan. Penelitian dilaksanakan dengan tiga siklus, yaitu siklus I, siklus II, dan siklus III. Pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan lembar observasi, wawancara, diskusi antara guru, teman sejawat serta dokumentasi foto. Berdasarkan hasil penelitian pada siklus I, II, dan III menunjukkan bahwa kemampuan kognitif dalam penjumlahan melalui permainan kereta angka pada siklus I adalah 81,25 % dan termasuk dalam kategori baik. Pada siklus III Secara umum persentase tingkat keaktifan guru dan anak sebesar 92% dan dalam kategori baik. Berdasarkan penelitian tindakan kelas, bahwa melalui permainan “kereta angka” dapat meningkatkan kemampuan kognitif dalam penjumlahan pada anak kelompok B TK Batik Tulungagung tahun pelajaran 2014/2015. Dilihat dari nilai observasi dan penelitian dapat dikatakan berhasil sehingga hipotesis penelitian dapat diterima.


Author (Penulis)

TITIK SOELISTIANI
Universitas Nusantara PGRI Kediri

Author Identity (NPM)

11.1.01.11.0150

Abstract

ABSTRAK TITIK SOELISTIANI: Meningkatkan Kemampuan Kognitif Dalam Penjumlahan Melalui Permainan Kereta Angka Pada Anak Kelompok B TK Batik Tulungagung, Skripsi, PG-PAUD, FKIP UNP Kediri, 2015 Kata kunci : kemampuan kognitif, penjumlahan. Tujuan dalam penelitian ini secara umum yaitu untuk meningkatkan kemampuan kognitif dalam penjumlahan pada anak Kelompok B TK Batik Tulungagung, secara khusus tujuan penelitian yaitu untuk meningkatkan kemampuan kognitif dalam penjumlahan melalui permainan “kereta angka” pada anak kelompok B TK Batik Tulungagung tahun pelajaran 2014/2015. Berdasarkan realita di lapangan menunjukkan bahwa dalam kemampuan kognitif dalam penjumlahan anak pada kelompok B TK Batik Tulungagung hasilnya masih sangat rendah, anak menganggap pembelajaran matematika dalam penjumlahan sangat sulit, ruang yang sempit kurang efektif untuk belajar, media pembelajaran berhitung kurang menarik dan bervariasi, metode dan model yang digunakan dalam kegiatan belajar dikelas belum efektif, anak merasa bosan dan takut pada pembelajaran berhitung serta kegiatan berhitung kurang diminati anak. Metode yang digunakan adalah analisis deskriptif kualitatif melalui permainan kereta angka, penelitian tindakan kelas dengan subjek penelitian kelas B yang berjumlah 16 anak, dengan laki-laki 5 anak dan 11 anak perempuan. Penelitian dilaksanakan dengan tiga siklus, yaitu siklus I, siklus II, dan siklus III. Pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan lembar observasi, wawancara, diskusi antara guru, teman sejawat serta dokumentasi foto. Berdasarkan hasil penelitian pada siklus I, II, dan III menunjukkan bahwa kemampuan kognitif dalam penjumlahan melalui permainan kereta angka pada siklus I adalah 81,25 % dan termasuk dalam kategori baik. Pada siklus III Secara umum persentase tingkat keaktifan guru dan anak sebesar 92% dan dalam kategori baik. Berdasarkan penelitian tindakan kelas, bahwa melalui permainan “kereta angka” dapat meningkatkan kemampuan kognitif dalam penjumlahan pada anak kelompok B TK Batik Tulungagung tahun pelajaran 2014/2015. Dilihat dari nilai observasi dan penelitian dapat dikatakan berhasil sehingga hipotesis penelitian dapat diterima.

Keyword

a

Reference


PUBLISHED

2016-01-13

JOURNAL

Simki-Pedagogia

ISSN

2599-073X

ISSUE


Download PDF

Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat UN PGRI Kediri.

Jl. KH. Ahmad Dahlan 76 Mojoroto Kota Kediri

Designed by BootstrapMade
LPPM Server - Powered by BSI