Mengembangkan Kemampuan Menyimak Melalui Metode Bercerita Dengan Media Audio Pada Anak Usia 4 Tahun PAUD Al Ihsan Desa Blimbing Kecamatan Rejotangan Kabupaten tulungagung Tahun Ajaran 2014-2015
Author (Penulis)
TINUK SITI ROMELAH
Universitas Nusantara PGRI Kediri
Author Identity (NPM)
11.1.01.11.0149
Abstract
ABSTRAK
TINUK SITI ROMELAH : Mengembangkan Kemampuan Menyimak Melalui Metode Bercerita Dengan Media Audio Pada Anak Usia 4 Tahun PAUD AL IHSAN Desa Blimbing Kecamatan Rejotangan Kabupaten Tulungagung, Skripsi. Fakultas Keguruan Dan Ilmu Pendidikan PG-PAUD UNP Kediri, 2015.
Kata Kunci: Bercerita dengan media audio, Kemampuan menyimak anak.
Penelitian ini dilatarbelakangi hasil pengamatan dan pengalaman peneliti, bahwa kegiatan menyimak anak pada PAUD AL IHSAN masih sangat rendah karena selama ini kegiatan bercerita kurang diminati karena masih membacakan buku. Dari penelitian ini ternyata hanya 7 anak dari 16 anak didik atau 43,75% yang bisa merespon isi cerita yang baru saja diperdengarkan oleh guru, dan 9 anak didik atau 56,25% yang kurang bisa merespon isi cerita.
Permasalahan penelian ini adalah apakah bercerita dengan media audio dapat meningkatkan kemampuan menyimak pada anak usia 4 tahun PAUD AL IHSAN Desa Blimbing Kecamatan Rejotangan Kabupaten Tulungagung tahun ajaran 2014-2015?
Penelitian ini menggunakan pendekatan Penelitian tindakan kelas (PTK) dengan subyek anak usia 4 tahun PAUD AL IHSAN Desa Blimbing Kecamatan Rejotangan. Penelitian ini dilaksanakan 2 siklus , 4 kali pertemuan, dan menggunakan intrumen rencana kegiatan harian (RKH).
Kesimpulan hasil penelian ini adalah: Melalui siklus I pertemuan ke1 sudah mulai mengalami peningkatan 6,25% kemapuan anak dilihat dari perolehan hasil penilaian, dan dilanjutkan pertemuan berikutnya mengalami peningkatan mencapai 12,5%, peneliti melanjutkan siklus II pertemuan ke1 anak sudah bisa menyimak walaupun belum mencapai KKM sudah meningkat mencapai 6,25%, peneliti meneruskan tindakanya sampai anak mencapai target ketuntasan 75%, dilanjutkan pertemuan ke2 kegiatan menyimak melaui bercerita dengan media audio sudah meningkat dengan baik 12,5% telah mencapai 81,25% dilihat dari perolehan hasil nilai observasi dan penelitia dapat dikatakan berhasil, sehingga hipotesis penelitian dapat diterima.