Mengembangkan Kemampuan Kognitif Dalam Penjumlahan Angka Melalui Metode Bermain Dengan Media Bowling Aritmatika Pada Anak Kelompok B TK Dharma Wanita 3 Pojok Kecamatan Campurdarat Kabupaten Tulungagung
Author (Penulis)
SULIYANAH
Universitas Nusantara PGRI Kediri
Author Identity (NPM)
11.1.01.11.0147
Abstract
ABSTRAK
SULIYANAH: Mengembangkan Kemampuan Kognitif Dalam Penjumlahan Angka Melalui Metode Bermain Dengan Media Bowling Aritmatika Pada Anak Kelompok B TK Dharma Wanita 3 Pojok Kecamatan Campurdarat Kabupaten Tulungagung. Skripsi. PG-PAUD, FKIP.
Kata kunci : kemampuan kognitif, penjumlahan angka, metode bermain, bowling aritmatika.
Penelitian ini dilatarbelakangi hasil pengamatan dan pengalaman peneliti bahwa rendahnya kemampuan kognitif dalam penjumlahan di Taman Kanak-kanak adalah penggunaan metode maupun pendekatan yang kurang tepat dan masih bersifat konvensional, formal dan lebih sering menggunakan worksheet atau majalah. Anak cenderung hanya menghafal, mengingat simbol, tanpa memahami konsep bilangan itu sendiri. Anak kurang dilibatkan dalam melihat, merasakan dan melakukan dengan tangan anak sendiri. Anak hanya melakukan tugas-tugas yang disuruh yang diinstruksikan guru tanpa memberikan kesempatan kepada anak untuk mengemukakan gagasan dan kreatifitas berpikir, hal tersebut berdampak pada rendahnya kemampuan anak dalam kemampuan berhitung
Permasalahan dalam penelitian ini adalah : Apakah melalui metode bermain dengan media bowling aritmatika dapat mengembangkan kemampuan kognitif dalam penjumlahan angka konsep angka anak kelompok B TK Dharma Wanita 3 Pojok Kecamatan Campurdarat Kabupaten Tulungagung?” Tujuan dari penelitian ini adalah mengumpulkan data tentang kemampuan kogntiif dalam penjumlahan pada anak kelompok B TK Dharma Wanita 03 Pojok Kecamatan Campurdarat Kabupaten Tulungagung sebelum dan sesudah dilakukan tindakan
Penelitian ini menggunakan pendekatan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan subyek penelitian anak didik kelompok B TK Dharma Wanita Pojok Kecamatan Campurdarat Kabupaten Tulungagung. Penelitian ini dilaksanakan dalam tiga siklus, menggunakan instrument berupa RKH dan RKM, lembar observasi guru dan anak didik dan lembar penilaian.
Kesimpulan dari penelitian ini adalah terjadi peningkatan kemampuan kognitif anak dalam melakukan penjumlahan angka melalui media bowling aritmatika, sehingga hipotesis yang diajukan dalam penelitian ini diterima.
?